Komunikasi Persuasif dalam Menumbuhkan Literasi Baca pada Masyarakat (Mahasiswa) (Studi Deskriptif di Komunitas Sobat Pena Kaligandu-Serang)

Irmania, Livia Annisa (2023) Komunikasi Persuasif dalam Menumbuhkan Literasi Baca pada Masyarakat (Mahasiswa) (Studi Deskriptif di Komunitas Sobat Pena Kaligandu-Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510114_COVER.pdf

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510114_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (480kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510114_BAB I.pdf

Download (363kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510114_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (321kB)
[img] Teks
S_KPI_181510114_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (247kB)
[img] Teks
S_KPI_181510114_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (361kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510114_BAB V.pdf

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510114_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Komunikasi persuasif adalah komunikasi yang bertujuan untuk mengubah atau memengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator. Biasanya dilakukan dengan sifat membujuk secara halus supaya dapat mengubah tujuan serta memengaruhi pikirannya. persuasif dimaksudkan ketika seseorang membujuk orang lain supaya berubah, baik dalam kepercayaan, sikap atau perilakunya. Seperti halnya dapat terjalin pada masyarakat dalam menumbuhkan literasi baca atau minat baca. Salah satu penumbuhan literasi baca masyarakat yang bisa dilakukan yaitu dengan upaya mendirikan sebuah komunitas. Sobat Pena merupakan sebuah wadah atau tempat pembelajaran nonformal, masyarakat dapat belajar atau hanya sekedar mencari sebuah informasi yang mereka butuhkan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana teknik komunikasi persuasif dalam menumbuhkan literasi baca pada masyarakat? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat proses komunikasi persuasif dalam menumbuhkan literasi baca? Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan dan rumusan masalah yang telah diuraikan, maka dapat dijelaskan pula tentang beberapa tujuan masalah yaitu, sebagai berikut: 1) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik komunikasi persuasif dalam menumbuhkan literasi baca pada masyarakat. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses komunikasi persuasif dalam menumbuhkan literasi baca. Peneliti memilih metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif ini mencakup cuplikan data yang memberikan gambaran umum tentang penyajian laporan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah; observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Penelitian dilaksanakan pada Oktober 2022, dengan jumlah responden dalam penelitian ini adalah 3 orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Menumbuhkan Literasi Baca Pada Masyarakat. Teknik komunikasi persuasif yang digunakan oleh pengurus maupun relawan Komunitas Sobat Pena dalam menyampaikan pesan yakni teknik asosiasi, teknik ganjaran (payy-off), dan teknik tataan (icing). 2) Pendukung dan Penghambat Proses Komunikasi Persuasif Dalam Menumbuhkan Literasi Baca Pada Masyarakat antara lain; (1) Kredibilitas dan daya Tarik persuader; (2) Kecerdasan dan keterbukaan persuade sehingga menimbulkan hubungan yang interaktif; (3) Penyusunan pesan yang menarik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: (1) Hambatan teknis; dan (2) Hambatan perilaku.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Komunikasi Persuasif, Literasi, Teknik Komunikasi Persuasif
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 02:36
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10842

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.