Istiqomah, Istiqomah (2022) Penerapan Kemampuan Nilai-nilai Agama dan Moral pada Anak Melalui Permainan Ular Tangga di Lingkungan Kepandean RT 02 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_181260012_Cover.pdf Download (23kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260012_Lampiran Depan.pdf Download (680kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260012_BAB I.pdf Download (287kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_181260012_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (526kB) |
||
Teks
S_PIAUD_181260012_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (243kB) |
||
Teks
S_PIAUD_181260012_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (549kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_181260012_BAB V.pdf Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260012_Daftar Pustaka.pdf Download (360kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana penerapan kemampuan nilai-nilai agama dan moral pada anak melalui permainan ular tangga di lingkungan RT 02 Kepandean Kota Serang; 2) mengetahui faktor hambatan dan pendukung dalam kemampuan nilai-nilai agama dan moral pada anak melalui permainan ular tangga di lingkungan RT 02 Kepandean Kota Serang. Penelitian dilakukan di lingkungan Kepandean RT 02 Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yaitu anak perempuan dan laki-laki di lingkungan Kepandean RT 02 Kota Serang. Sumber Data Penelitian dibagi menjadi dua yaitu data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan meggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan yang terakhir tringulasi data yaitu teknik pemeriksaan data yang dilakukan pengecekan atau membandingkan data. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) penerapan kemampuan nilai-nilai agama dan moral pada anak melalui permainan ular tangga; yang meliputi membiasakan mengucapkan basmallaah sebelum memulai kegiatan, kegiatan beribadah sehari-hari pada anak, memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur, memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran/mengantri), berbicara atau berbahasa yang baik dan sopan, menunjukkan kategori berkembang sangat baik (BSB), berkembang sesuai harapan (BSH), mulai berkembang (MB), belum berkembang (BB); 2) faktor pendukung dan hambatan dalam kemampuan nilai-nilai agama dan moral pada anak melalui permainan ular tangga di lingkungan Kepandean RT 02 Kota Serang ialah waktu penggunaan permainan ular tangga ini memerlukan waktu untuk menjelaskan kepada anak. Dan faktor pendukung nya adalah tersedianya permainan ular tangga dengan gambar kartun Nussa dan Rara yang membuat anak tertarik memainkan nya, dan permainan ini dimainkan oleh dua orang atau lebih.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Anak, Kemampuan Nilai-Nilai Agama dan Moral, Permainan Ular Tangga |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 11 Apr 2023 02:52 |
Perubahan Terakhir: | 11 Apr 2023 02:52 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10827 |
Actions (login required)
Lihat Item |