Penerapan Kemampuan Nilai-nilai Agama dan Moral pada Anak Melalui Permainan Ular Tangga di Lingkungan Kepandean RT 02 Kota Serang

Istiqomah, Istiqomah (2022) Penerapan Kemampuan Nilai-nilai Agama dan Moral pada Anak Melalui Permainan Ular Tangga di Lingkungan Kepandean RT 02 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260012_Cover.pdf

Download (23kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260012_Lampiran Depan.pdf

Download (680kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260012_BAB I.pdf

Download (287kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_181260012_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (526kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260012_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (243kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260012_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (549kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260012_BAB V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260012_Daftar Pustaka.pdf

Download (360kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana penerapan kemampuan nilai-nilai agama dan moral pada anak melalui permainan ular tangga di lingkungan RT 02 Kepandean Kota Serang; 2) mengetahui faktor hambatan dan pendukung dalam kemampuan nilai-nilai agama dan moral pada anak melalui permainan ular tangga di lingkungan RT 02 Kepandean Kota Serang. Penelitian dilakukan di lingkungan Kepandean RT 02 Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yaitu anak perempuan dan laki-laki di lingkungan Kepandean RT 02 Kota Serang. Sumber Data Penelitian dibagi menjadi dua yaitu data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan meggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan yang terakhir tringulasi data yaitu teknik pemeriksaan data yang dilakukan pengecekan atau membandingkan data. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) penerapan kemampuan nilai-nilai agama dan moral pada anak melalui permainan ular tangga; yang meliputi membiasakan mengucapkan basmallaah sebelum memulai kegiatan, kegiatan beribadah sehari-hari pada anak, memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur, memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran/mengantri), berbicara atau berbahasa yang baik dan sopan, menunjukkan kategori berkembang sangat baik (BSB), berkembang sesuai harapan (BSH), mulai berkembang (MB), belum berkembang (BB); 2) faktor pendukung dan hambatan dalam kemampuan nilai-nilai agama dan moral pada anak melalui permainan ular tangga di lingkungan Kepandean RT 02 Kota Serang ialah waktu penggunaan permainan ular tangga ini memerlukan waktu untuk menjelaskan kepada anak. Dan faktor pendukung nya adalah tersedianya permainan ular tangga dengan gambar kartun Nussa dan Rara yang membuat anak tertarik memainkan nya, dan permainan ini dimainkan oleh dua orang atau lebih.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Anak, Kemampuan Nilai-Nilai Agama dan Moral, Permainan Ular Tangga
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 02:52
Perubahan Terakhir: 11 Apr 2023 02:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10827

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.