Upaya Orangtua dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Anak Usia Dini di Desa Kaserangan

Rahmawati, Siti (2022) Upaya Orangtua dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Anak Usia Dini di Desa Kaserangan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAUD_181260016_COVER.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAUD_181260016_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAUD_181260016_BAB I.pdf

Download (107kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAUD_181260016_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (238kB)
[img] Teks
S_PAUD_181260016_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (217kB)
[img] Teks
S_PAUD_181260016_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (196kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAUD_181260016_BAB V.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAUD_181260016_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang upaya orangtua dalam menumbuhkan literasi pada anak usia dini. Penelitian ini perlu dilakukan karena untuk mengetahui upaya orangtua dalam menumbuhkan literasi anak usia dini. Pada dasarnya anak usia dini merupakan masa keemasan atau golden age, pada masa ini sangat baik untuk menumbuhkan literasi anak usia dini. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana upaya orangtua dalam menumbuhkan budaya literasi pada anak usia dini di Desa Kaserangan? 2) Apa saja kendala dalam menumbuhkan budaya literasi anak usia dini?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mendeskripsikan dan mengetahui upaya orang tua dalam menumbuhkan budaya literasi pada anak usia dini. 2). Untuk mengetahui kendala dalam menumbuhkan budaya literasi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Objek penelitian di Desa Kaserangan, subjek penelitian yaitu orangtua yang memiliki anak usia dini. Penelitian ini bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan yang terakhir triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan data yang dilakukan pengecekan atau membandingkan data. Hasil dari analisa data yang diperoleh dapat diketahui bahwa orangtua berusaha semaksimal mungkin untuk menumbuhkan literasi pada anak usia dini. Peran orangtua sangat berpengaruh dalam menumbuhkan literasi dini, serta fasilitas yang di sediakan orangtua juga berpengaruh untuk menumbuhkan literasi dini. Dalam menumbuhkan literasi dini orangtua banyak mengalami kendala, akan tetapi orangtua dapat mengatasi kendala tersebut agar dapat menumbuhkan literasi pada anak usia dini seperti, orangtua memberikan hadiah jika anaknya rajin belajar, dan orangtua memberikan motivasi agar anak tetap semangat untuk belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Upaya Orangtua, Menumbuhhkan Budaya Literasi, Anak Usia Dini
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 03:18
Perubahan Terakhir: 11 Apr 2023 03:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10826

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.