Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) untuk Mengatasi Penyesuaian Diri pada Wanita Pasca Perceraian (Studi di Desa Mekar Agung Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak)

Ayuningtyas, Muti (2022) Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) untuk Mengatasi Penyesuaian Diri pada Wanita Pasca Perceraian (Studi di Desa Mekar Agung Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520096_COVER.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520096_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (586kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520096_BAB I.pdf

Download (428kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520096_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (283kB)
[img] Teks
S_BKI_181520096_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (401kB)
[img] Teks
S_BKI_181520096_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (318kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520096_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520096_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Perceraian merupakan suatu permasalahan yang sering terjadi di tengah masyarakat. Perceraian merupakan akhir dari ketidakharmonisan pernikahan antara suami dan istri yang kemudian hidup terpisah dan diakui sah berdasarkan hukum yang berlaku. Dampak dari perceraian yang dialami wanita pasca perceraian salah satunya yaitu masalah penyesuaian diri. Perceraian pasti akan memberikan perubahan terhadap penyesuaian diri setiap individu terutama wanita. Penyesuaian diri merupakan kemampuan individu dalam menghadapi berbagai tuntutan baik yang berasal dari dalam diri maupun dari lingkungan sehingga terdapat keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan dengan tuntutan lingkungan. Sehingga terciptanya keselarasan antara individu tersebut dengan realitasnya. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penyesuaian diri wanita pasca perceraian di Desa Mekar Agung Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak? 2) Bagaimana penerapan REBT dalam mengatasi penyesuaian diri pada wanita pasca perceraian di Desa Mekar Agung Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak? 3) Bagaimana hasil REBT dalam mengatasi penyesuaian diri pada wanita pasca perceraian di Desa Mekar Agung Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penyesuaian diri wanita pasca perceraian di Desa Mekar Agung Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak 2) Untuk menerapkan REBT dalam mengatasi penyesuaian diri pada wanita pasca perceraian di Desa Mekar Agung Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak 3) Untuk mengetahui hasil REBT dalam mengatasi penyesuaian diri pada wanita pasca perceraian di Desa Mekar Agung Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah Action research. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. penelitian ini dilakukan pada bulan April hingga Juni 2022 yang bertempat di Desa Mekar Agung Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak. Dengan jumlah responden 3 orang wanita pasca perceraian yang mengalami masalah penyesuaian diri. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) dalam mengatasi penyesuaian diri pada wanita pasca perceraian dapat dinyatakan cukup efektif dengan adanya perubahan yang terjadi pada responden S, SA, dan SN.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT), Penyesuaian Diri, Perceraian
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 03:31
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 06:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10818

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.