Penerapan Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Siswa di MTS Al-Mizan Rangkasbitung Lebak Banten

Ash-Shidqy, Abdul Khoir Taqiyuddin (2022) Penerapan Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Siswa di MTS Al-Mizan Rangkasbitung Lebak Banten. Pasca-Doktoral thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182610014_COVER.pdf

Download (147kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182610014_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (590kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182610014_BAB I.pdf

Download (297kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_182610014_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (489kB)
[img] Teks
T_PAI_182610014_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (196kB)
[img] Teks
T_PAI_182610014_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (364kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182610014_BAB V.pdf

Download (83kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182610014_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan tahsin, pelaksanaan tahfidz serta penerapan tahsin dan tahfidz di MTS Al-Mizan Rangkasbitung. Sumber data dari penelitian ini adalah primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif (Field Research) dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan tahsin dalam meningkatkan kecerdasan kognitif dilakukan dengan pola pembiasaan dengan bimbingan talaqqi dan tajwid yaitu dengan cara guru mencontohkan bacaan Al-Qur’an yang baik dan benar kemudian di ikuti oleh peserta didik dan mengajarkan hukum-hukum tajwid dengan memberikan contoh bacaan dari hukum-hukum tersebut. 2) Pelaksanaan tahfidz Al�Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan kognitif dilakukan dengan pengawasan dan bimbingan ketika membaca dan menghafal Al-Qur’an, guru tidak menghafal sendiri tetapi lebih fokus kepada hafalan yang sedang di hafalkan oleh peserta didik. 3) Penerapan tahsin dan tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan kognitif dilakukan dengan pembiasaan, bimbingan, pengawasan, dan metode murajaah (pengulangan) santri. kemampuan kognitif mempunyai peranan penting bagi keberhasilan siswa di MTs Al-Mizan, terkait dengan kemampuan anak untuk mengingat dan berfikir agar mampu melakukan eksporasi terhadap dunia melaui panca inderanya sehingga dengan pengetahuan yang di dapatkannya tersebut anak dapat melangsungkan hidupnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Pasca-Doktoral)
Kata Kunci (keywords): Tahsin, Tahfidz dan Kecerdasan Kognitif
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 04:02
Perubahan Terakhir: 11 Apr 2023 04:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10803

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.