Ash-Shidqy, Abdul Khoir Taqiyuddin (2022) Penerapan Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Siswa di MTS Al-Mizan Rangkasbitung Lebak Banten. Pasca-Doktoral thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_182610014_COVER.pdf Download (147kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_182610014_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (590kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_182610014_BAB I.pdf Download (297kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PAI_182610014_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (489kB) |
||
Teks
T_PAI_182610014_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (196kB) |
||
Teks
T_PAI_182610014_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (364kB) |
||
|
Teks
T_PAI_182610014_BAB V.pdf Download (83kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_182610014_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan tahsin, pelaksanaan tahfidz serta penerapan tahsin dan tahfidz di MTS Al-Mizan Rangkasbitung. Sumber data dari penelitian ini adalah primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif (Field Research) dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan tahsin dalam meningkatkan kecerdasan kognitif dilakukan dengan pola pembiasaan dengan bimbingan talaqqi dan tajwid yaitu dengan cara guru mencontohkan bacaan Al-Qur’an yang baik dan benar kemudian di ikuti oleh peserta didik dan mengajarkan hukum-hukum tajwid dengan memberikan contoh bacaan dari hukum-hukum tersebut. 2) Pelaksanaan tahfidz Al�Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan kognitif dilakukan dengan pengawasan dan bimbingan ketika membaca dan menghafal Al-Qur’an, guru tidak menghafal sendiri tetapi lebih fokus kepada hafalan yang sedang di hafalkan oleh peserta didik. 3) Penerapan tahsin dan tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan kognitif dilakukan dengan pembiasaan, bimbingan, pengawasan, dan metode murajaah (pengulangan) santri. kemampuan kognitif mempunyai peranan penting bagi keberhasilan siswa di MTs Al-Mizan, terkait dengan kemampuan anak untuk mengingat dan berfikir agar mampu melakukan eksporasi terhadap dunia melaui panca inderanya sehingga dengan pengetahuan yang di dapatkannya tersebut anak dapat melangsungkan hidupnya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Pasca-Doktoral) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Tahsin, Tahfidz dan Kecerdasan Kognitif |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 11 Apr 2023 04:02 |
Perubahan Terakhir: | 11 Apr 2023 04:02 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10803 |
Actions (login required)
Lihat Item |