Metode Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Membaca Al-Qur'an (Studi Kasus di Pengajian Al-Kautsar Ciceri Jaya-Serang)

Kurnianingsih, Kurnianingsih (2022) Metode Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Membaca Al-Qur'an (Studi Kasus di Pengajian Al-Kautsar Ciceri Jaya-Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_171320093_Cover.pdf

Download (266kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_171320093_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_171320093_BAB I.pdf

Download (363kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_IAT_171320093_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (310kB)
[img] Teks
S_IAT_171320093_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (681kB)
[img] Teks
S_IAT_171320093_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (390kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_171320093_BAB V.pdf

Download (151kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_171320093_Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Al-Qur‟an adalah kumpulan firman Allah Swt yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Saw, yang harus dibaca bahkan dianjurkan untuk dijadikan bacaan harian. Tentu untuk dapat membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar diwajibkan untuk mempelajari ilmu tajwid. Ilmu tajwid merupakan suatu disiplin ilmu yang bermanfaat untuk menghindari agar tidak terjadi kesalahan dan perubahan bacaan Al-Qur‟an serta memelihara lisan dari kesalahan membacanya. Tentu dalam praktik dan metode pembelajarannya setiap daerah dimungkinkan berbeda-beda, termasuk diantaranya di pengajian Al-Kautsar yang terletak di Ciceri Jaya-Serang. Pengajian Al-Kautsar berdiri pada tahun 2008 dan diajarkan tentang ilmu tajwid. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana metode pembelajaran ilmu tajwid dalam membaca Al�Qur‟an di pengajian Al-Kautsar? 2). Bagaimana penerapan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur‟an di pengajian Al-Kautsar? 3). Bagaimana tingkat kemampuan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur‟an di pengajian Al-Qur‟an?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode metode pembelajaran ilmu tajwid dalam membaca al�qur‟an di pengajian Al-Kautsar. 2). Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur‟an di pengajian Al-Kautsar. 3). Untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kemampuan ilmu tajwid dalam membaca al-qur‟an di pengajian Al-Kautsar. Adapun metode penelitian yang digunakan lapangan (Field Research) dan menggunakan metode kualitatif. Sementara pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapati bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran ilmu tajwid di pengajian Al-Kautsar adalah metode talaqqi. Terkait penerapan dalam proses pembelajarannya dengan memperkenalkan hukum bacaan tajwid secara bertahap mulai dari jilid 2 pengenalan mad thabi‟i sebagai tahap pertama dalam pembelajaran ilmu tajwid, pembelajaran dengan metode iqro ini dilakukan secara bertahap. Sementara tingkat kemampuan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur‟an sangat baik, karena santri mampu melafalkan ayat-ayat Al-Qur‟an dengan fasih sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Al-Qur’an, Ilmu Tajwid, Metode
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 04:39
Perubahan Terakhir: 11 Apr 2023 04:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10794

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.