Handayani, Batiwuri (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Remaja dalam Qur’an Surat Yusuf [12]: 22-23 dan Implementasinya pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Kota Serang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_ 182120155_COVER.pdf Download (145kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_ 182120155_LAMPIRAN DEPAN TESIS.pdf Download (666kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_ 182120155_BAB I.pdf Download (387kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PAI_ 182120155_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (672kB) |
||
Teks
T_PAI_ 182120155_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (262kB) |
||
Teks
T_PAI_ 182120155_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (678kB) |
||
|
Teks
T_PAI_ 182120155_BAB V.pdf Download (100kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_ 182120155_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini akan membahas secara spesifik tentang nilai-nilai akhlak remaja dan Implementasinya pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Kota Serang . Akhlak pada hakikatnya adalah cerminan dari pandangan dan keyakinan seseorang terhadap sesuatu dan merupakan implikasi dari ketaatan seseorang dalam beribadah. Akhlak menurut Ibn Miskawaih dalam kitabnya Tahzib al-Akhlaq wa al-Tathhir al-‘Araq menyatakan bahwa akhlak merupakan keadaan jiwa yang mendorong kepada tindakan�tindakan tanpa melalui pertimbangan pemikiran. Sementara Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulum al-Din menyatakan bahwa pengertian akhlak adalah suatu keadaan dalam jiwa yang tetap yang memunculkan suatu perbuatan secara mudah dan ringan tanpa perlu pertimbangan pikiran dan analisa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (Field Research). Sementara data dianalisis dengan teknik analisis isi (Conten Analysis), yang meliputi; tahap reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa; Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak QS. Yusuf diantaranya adalah : Nilai akhlak pada diri sendiri, Nilai akhlak kepada Allah dan Nilai Akhlak pada Lingkungan. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Remaja Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Kota Serang dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengkondisian kepribadian siswa, dan tahap evaluasi. Sementara metode pelaksanaan implementasi diantaranya metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, pengawasan dan metode pemberian hukumuman. Faktor Pendukung diantaranya dukungan kepala madrasah dan warga madrasah lainnya, pendidikan akhlak juga sejalannya dengan visi dan misi MTs Negeri 1 Serang, lancarnya komunikasi guru dan orang tua. Sementara faktor penghambat; Kurangnya kemauan siswa untuk menjadikan guru sebagai figur, Pengaruh dari lingkungan yang tidak baik dan dampak kemajuan teknologi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran, Al-Qur’an, Pendidikan dan Akhlak |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 18 Apr 2023 02:25 |
Perubahan Terakhir: | 18 Apr 2023 02:25 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10788 |
Actions (login required)
Lihat Item |