Muslim, Muslim (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Google Classroom dan Zoom Meeting pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_182120171_COVER.pdf Download (97kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_182120171_LAMPIRAN DEPAN TESIS.pdf Download (590kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_182120171_BAB I.pdf Download (355kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PAI_182120171_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (643kB) |
||
Teks
T_PAI_182120171_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (267kB) |
||
Teks
T_PAI_182120171_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (449kB) |
||
|
Teks
T_PAI_182120171_BAB V.pdf Download (206kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_182120171_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian pengembangan untuk dapat mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran Google Classroom dan Zoom Meeting pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui keefektifan serta meningkatkan hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam. Disamping itu untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam proses belajar mengajar. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Riset and Developmen yaitu model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari delapan tahap yaitu 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal, 4) validasi ahli, 5) revisi produk I, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk II, 8) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 11 dan SMP Negeri 16 Kota Serang, pengumpulan data menggunaka angket, pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil peneliti ini adalah (1) telah berhasil menjelaskan dengan detail prosedur pengembangan media pembelajaran Google Classroom dan Zoom Meeting (2) produk pengembangan ini telah terbukti menarik dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang didasarkan pada hasil angket yang didapat dari tanggapan validator, ahli materi sebesar 73,5%, ahli media sebesar 86,6%, dan tanaggapan siswa sebesar 88,1%. Adapun peningkatan hasil belajar ditunjukan dengan analisis data dari pretest dan posttest yang dilakukan dengan taraf kebenaran 95% diperoleh hasil signifikan sebesar 0,000 ˂ 0,05% maka ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan, Media Pembelajaran, Google Classroom, Zoom Meeting Pendidikan Agama Islam |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 18 Apr 2023 02:28 |
Perubahan Terakhir: | 18 Apr 2023 02:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10785 |
Actions (login required)
Lihat Item |