Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi di SMPN 1 Karangtanjung Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten)

Astuti, Tuti (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi di SMPN 1 Karangtanjung Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610021_COVER.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610021_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (640kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610021_BAB I.pdf

Download (578kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_192610021_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (703kB)
[img] Teks
T_PAI_192610021_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (362kB)
[img] Teks
T_PAI_192610021_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (485kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610021_BAB V.pdf

Download (111kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610021_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Peran guru Pendidikan Agama Islam merupakan tugas seorang guru yang dilaksanakan di dalam lingkungan sekolah sesuai tanggung jawabnya dalam mendidik peserta didik menjadi manusia yang berkarakter. Pada masa pandemi covid-19 ini proses pembelajaran dilakukan dengan 2 model yaitu pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka, oleh karena itu Minat belajar merupakan sesuatu yang di miliki oleh peserta didik sehingga guru sebagai pendidik harus mampu memotivasi minat siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dan memberikan gambaran tentang optimalisasi peranan guru sebagai pengajar pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 1 Karangtanjung Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan fenomenologi (field research). Hasil penelitian ini adalah peran guru pendidikan agama Islam sebagai pengajar yang dapat memotivasi terhadap minat belajar peserta didik di masa pandemi covid-19. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif ini peneliti menggunakan data dengan berdasarkan realistis data di lapangan sehingga penelitian ini berlangsung di lapangan dengan mengumpulkan data dan informasi dari kondisi yang sebenar-benarnya di lapangan. Adapun pengaplikasiannya melalui cara-cara sebagai berikut:1.Guru bersama pihak sekolah berupaya memaksimalkan dengan melaksanakan metode dua pembelajaran yaitu pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka. 2.Guru mengupayakan pembelajaran tatap muka dengan waktu terbatas. 3.Guru melaksanakan pembelajaran daring bagi siswa yang memiliki perangkat teknologi informasi komunikasi dan jaringan internet baik melalui aplikasi Zoom dan Whatsaap. 4.Setelah guru melaksanakan perannya sebagai pengajar pada masa pandemi Covid-19 maka dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran daring terdapat banyak kendala baik dari pendidik maupun dari peserta didik sehingga pembelajaran daring berdampak pada menurunnya minat belajar selama pandemi covid-19, sebaliknya ketika pelaksanaan pembelajaran tatap muka di kelas minat belajar peserta didik meningkat, maka dari itu sistem pembelajaran yang efektif dan efisien itu ialah dilaksanakan dengan adanya proses belajar mengajar secara langsung di kelas dengan adanya interaksi antara pendidik dan peserta didik tanpa virtual online.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Minat Belajar, Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2023 03:25
Perubahan Terakhir: 18 Apr 2023 03:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10780

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.