Pendekatan Emosional Orangtua untuk Meningkatkan Kesiapan Sosial-Emosional Anak Usia Dini dalam Memasuki RA Al-Bisriyah NQ Desa Cadasari

Salamah, Uum Umu (2022) Pendekatan Emosional Orangtua untuk Meningkatkan Kesiapan Sosial-Emosional Anak Usia Dini dalam Memasuki RA Al-Bisriyah NQ Desa Cadasari. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260033_Cover.pdf

Download (24kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_171260033_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (573kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260033_BAB I.pdf

Download (500kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_171260033_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (340kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260033_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (214kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260033_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (297kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260033_BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260033_Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan emosional orangtua untuk meningkatkan kesiapan sosial-emosional anak usia dini dalam memasuki RA serta faktor pendukung dan penghambatan dalam melakukan pendekatan emosional orangtua untuk meningkatkan kesiapan sosial-emosional anak usia dini dalam memasuki RA. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan 5 orantua wali murid, 5 siswa kelompok A dan kepala sekolah, penelitian ini dilakukan pada tanggal 15 maret hingga 7 juni 2021 di RA Al-Bisriyah NQ desa Cadasari . Objek penelitiannya adalah siswa RA Al-Bisriyah NQ kelompok A, orangtua siswa kelompok A, dan kepala sekolah dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat 4 cara yang dilakukan oleh orangtua dalam melakukan pendekatan emosional untuk meningkatkan kesiapan sosial-emosional anak usia dini, pertama orangtua memberikan perhatian dan kasih sayang, kedua orangtua memberikan pandangan positif kepada anak, ketiga orangtua memberikan motivasi dan nasihat kepada anak, dan keempat orangtua mendengarkan dengan penuh empati dan meneguhkan perasaan anaknya. faktor pendukung dan penghambat pendekatan emosional orangtua dalam meningkatkan kesiapan sosial emosional anak. Faktor pendukung tentunya adalah orangtua dapat melakukan perasaan emosinya sebagai peluang untuk mendekat dan mendidik anak, waktu antara orangtua dan anak lebih banyak, memudahkan orangtua dalam berineraksi hangat dan positif dengan anak, anak diberikan perhatian dan kasih sayang, pemahaman serta nasihat oleh orangtua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu Anak usia dini mendapat pengaruh negatif dari pihak luar. usia dini belum memiliki daya ingat yang tinggi. Anak mudah lupa terhadap apa saja yang baru disampaikan oleh orangtua. Dan orangtua belum memiliki teori yang luas mengenai pemahaman akan kesiapan sosial-emosional melaui pendekatan emosional. Setelah penelitian ini, diharapkan orangtua mampu menerapkan berbagai metode yang menarik dalam melakukan pendekatan emosional.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendekatan Emosional Orangtua, Meningkatkan Kesiapan Sosial-Emosional, Anak Usia Dini
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2023 03:26
Perubahan Terakhir: 18 Apr 2023 03:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10779

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.