رواية إمرأة عند نقطة الصفر لنوال السعداوى ورواية مصورة Wonderwall لسينا لولى (دراسة تناصية بنظرية جوليا كريستيفا)

Jannah, Roudhotul (2022) رواية إمرأة عند نقطة الصفر لنوال السعداوى ورواية مصورة Wonderwall لسينا لولى (دراسة تناصية بنظرية جوليا كريستيفا). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360001_Cover.pdf

Download (263kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360001_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360001_BAB I.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BSA_181360001_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (761kB)
[img] Teks
S_BSA_181360001_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (652kB)
[img] Teks
S_BSA_181360001_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360001_BAB V.pdf

Download (493kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360001_Daftar Pustaka.pdf

Download (705kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dalam penelitian ini, peneliti membahas tentang novel dan webtoon. Novel yang dibahas merupakan novel Perempuan di Titik Nol karya Nawal el-Saadawi. Novel tersebut berisi tentang kehidupan perempuan yang sedari kecilnya dihadapkan oleh penderitaan yang dialami oleh banyak perempuan. Begitu halnya dengan webtoon Wonderwall karya Senaloli, meskipun banyak konflik di didalamnya, namun salah satu konflik utamanya adalah perlakuan tidak adil yang didapatkan oleh tokoh utama perempuan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya : 1) Apa unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam Novel Perempuan di Titik Nol karya Nawal el-Saadawi dan Webtoon Wonderwall, 2) Bagiaman hubungan intertekstual novel Perempuan di Titik Nol karya Nawal el-Saadawi dan Webtoon Wonderwall karya Senaloli. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan apa saja unsur intrinsik dan ekstrinsik yang terkandung di dalam Novel Perempuan di Titik Nol karya Nawal el-Saadawi dan Webtoon Wonderwall karya Senaloli. Selain itu, juga untuk mengetahui bagaimana hubungan intertekstual novel Perempuan di Titik Nol karya Nawal el-Saadawi dengan Webtoon Wonderwall karya Senaloli. Dalam penelitian yang berjudul Analisis Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi dan Webtoon Wonderwall Karya Senaloli (Teori Intertekstual Julia Kristeva), peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara kajian pustaka, yaitu dengan sumber data berupa karya sastra novel Perempuan di Titik Nol dan webtoon Wonderwall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik membaca, memberikan tanda sebagai objek penelitian serta memaparkan kajian intertekstual. Penelitian ini menggunakan teori intertekstual, dan penelitian ini hanya difokuskan pada unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam novel Perempuan di Titik Nol dan webtoon Wonderwall, serta hubungan intertekstual diantara keduanya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki hubungan intertekstual. Penelitian ini menunjukkan bahwa novel Perempuan di Titik Nol merupakan hipogram dari webtoon Wonderwall, yaitu novel tersebut lahir lebih dahulu dibanding webtoon tersebut. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi wajah baru yang dapat digunakan sebagai bahan acuan bagi peneliti selanjutnya, karena belum banyak yang membahas mengenai hal tersebut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Novel Perempuan di Titik Nol, Webtoon Wonderwall, Teori Intertekstual
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 807 Education, research & related topics
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 28 Des 2022 01:39
Perubahan Terakhir: 28 Des 2022 01:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10766

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.