التضاد في كتاب بداية الهداية للإمام الغزالي (دراسة دلالية)

Nupus, Murni Zakiatun (2022) التضاد في كتاب بداية الهداية للإمام الغزالي (دراسة دلالية). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360094_Cover.pdf

Download (407kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360094_Lampiran Depan.pdf

Download (967kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360094_BAB I.pdf

Download (948kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BSA_181360094_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (924kB)
[img] Teks
S_BSA_181360094_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (828kB)
[img] Teks
S_BSA_181360094_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (855kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360094_BAB V.pdf

Download (338kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360094_Daftar Pustaka.pdf

Download (756kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Antonym merupakan dua kata yang maknanya berlawanan, dalam bahasa Arab antonym disebut dengan tadhad atau adhad. Namun terkait antonym dalam bahasa Arab para linguis Arab berbeda pendapat mengenai pemaknaan antara tadhad dan adhad. Menurut linguis Arab klasik tadhad dan adhad berbeda dalam definisinya, sedangkan di sisi lain para linguis modern menyamakan makna antara tadhad dan adhad. Penelitian ini membahas tentang at-tadhad yang terdapat dalam kitab bidayatul hidayah. Kitab tersebut merupakan kitab yang dikarang oleh ulama ternama yaitu Imam Al-Ghazali. Adapun teori yang digunakan yaitu dengan merujuk terhadap pandangan Ali Al-Khuli yang menyatakan bahwa tadhad dan adhad terjadi dalam satu definisi yaitu dua kata yang maknanya berlawanan. Sedangkan dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis semantic untuk memperhatikan aspek makna yang terkandung didalamnya. Pokok pembahasan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah: 1). Apa saja tadhad dan macam-macamnya yang terdapat dalam kitab bidayatul hidayah?, 2). Bagaimana penggunaan kata tadhad dalam kitab bidayatul hidayah dan makna apakah yang dihasilkan dari kata tersebut?. Adapun tujuan penelitian ini adalah, 1). Mengetahui tadhad dan macam-macamnya yang terdapat dalam kitab bidayatul hidayah, 2). Untuk mengetahui penggunaan kata tadhad juga menelaah maknanya yang terdapat kitab bidayatul hidayah. Sedangkan jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif juga menggunakan jenis studi kepustaaan (library research). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan 33 antonim dalam kitab bidayatul hidayah, peneliti lalu mengklasifikasikan antonym tersebut sehingga termasuk pada 6 jenis antonym yang dikemukakan oleh Ali Al-Khuli, dari 6 jenis tersebut peneliti menemukan 4 macam dari tadhad tsuna’i dan 2 macam dari tadhad muta’adid. Adapun jenis antonym dan jumlahnya sebagai berikut: a) Tadhad Ats-Tsuna’i diantaranya: Tadhad Al-Had (20), Tadhad Al-‘Aksy (5), Tadhad Al-Juz’i (2) dan Tadhad Al-Imtidady (2). b) Tadhad Muta’did terdapat dua jenis, yaitu: Tadhad A-Da’iry (2) dan Tadhad Intisaby (2). Sementara dari berbagai jenis tersebut ditemukan penggunaan kata antonym dan maknanya yang terdapat dalam kitab bidayatul hidayah. Seperti kata hidup dan mati yang digunakan untuk menjelaskan bahayanya dari tidur terlalu lama, sehingga makna yang dihasilkan dari kalimat tersebut menjadi ibarat antara tidur terlalu lama sebagai saudara dari kematian.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 400 Bahasa > 490 Bahasa lainnya > 492 Afro-Asiatik bahasa; bahasa Semit
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2023 03:32
Perubahan Terakhir: 18 Apr 2023 03:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10762

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.