Implementasi Pendekatan Saintifik dan PAKEM pada Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Penelitian Kualitatif di MI Al-Husein Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang)

Kurniadi, Hendri (2022) Implementasi Pendekatan Saintifik dan PAKEM pada Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Penelitian Kualitatif di MI Al-Husein Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang). Pasca-Doktoral thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120160_COVER.pdf

Download (203kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120160_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (862kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120160_BAB I.pdf

Download (459kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_182120160_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (509kB)
[img] Teks
T_PAI_182120160_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (118kB)
[img] Teks
T_PAI_182120160_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (494kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120160_BAB V.pdf

Download (160kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120160_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pembentukan akhlak sangat penting bagi setiap manausia yang dimulai dari usia anak, karena sebagai akar dalam membentengi anak tatkala berhadapan dengan lingkungan. Pembentukan akhlak ini kepada siswa bisa dilakukan salah satunya melalui pembelajaran, karena selain untuk menjadikan siswa menguasai kompetensi, juga dikemas untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan, dan menjadikannya sebuah perilaku yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis berupa pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan induktif. Metode deskriptif yaitu metode pembahasan yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, dan kejadian, yang terjadi pada saat penelitian. Penelitian tesis ini menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di MI Al-Husein sudah dilaksanakan secara optimal. Dalam tahapannya, sikap yang dikembangkan antara lain: 1) mengamati; kesungguhan dan ketelitian, 2) menanya; rasa ingin tahu dan kreatif, 3) mencoba; teliti, jujur, dan sopan, 4) menalar; disiplin, patuh dan kerja keras, 5) mengomunikasikan; kemampuan berpikir dan berkomunikasi. Begitu juga dengan implementasi PAKEM. Dalam PAKEM, sikap yang dikembangkan antara lain: (1) aktif; percaya diri dan berani, (2) kreatif; peduli, ramah, dan sopan, (3) efektif; tanggung jawab dan peka terhadap lingkungan, (4) menyenangkan; saling menghormati dan menghargai. Hasil penelitian ini bahwa pendekatan saintifik dan PAKEM sangat tepat diimplementasikan pada pembelajaran PAI, terutama untuk memudahkan siswa dalam memahami materi yang bersifat abstrak. Tesis ini menyimpulkan ada tiga manfaat implementasi pendekatan saintifik dan PAKEM, yaitu: 1) menjadi model pembelajaran yang menarik dan konkrit, 2) membiasakan siswa bersikap dan berperilaku yang baik, dan 3) melibatkan siswa secara aktif. Kesimpulan ini mendukung teori pendekatan saintifik dan PAKEM yang bertujuan selain untuk meningkatkan nalar intelektual dan kemampuan memecahkan masalah secara mandiri, tetapi juga untuk membentuk akhlak terpuji sebagai hasil dari pengembangan sikap spiritual dan sosial.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Pasca-Doktoral)
Kata Kunci (keywords): Pendekatan Saintifik, PAKEM, Pembelajaran PAI, Pembentukan Akhla
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 27 Des 2022 06:35
Perubahan Terakhir: 27 Des 2022 06:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10757

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.