Childftrr dalam Rumah Tangga Perspektif Hukum Islam dan Perundang-Undangan

Cahyadi, Debi (2022) Childftrr dalam Rumah Tangga Perspektif Hukum Islam dan Perundang-Undangan. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_HK_192620011_COVER.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_HK_192620011_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (920kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_HK_192620011_BAB 1.pdf

Download (489kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_HK_192620011_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (576kB)
[img] Teks
T_HK_192620011_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (349kB)
[img] Teks
T_HK_192620011_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (561kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_HK_192620011_BAB 5.pdf

Download (133kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_HK_192620011_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Fenomena childfree muncul dilatar belakangi oleh beberapa sebab salah satunya adalah orientasi karir. Ketika seorang perempuan telah memperoleh hak untuk terjun ke dunia publik maka ia harus menerima dampaknya yaitu double burden dan pada saat perempuan disibukkan dengan karirnya maka tidak sedikit yang akan memutuskan untuk memilih childfree. Jika childfree ingin dilihat menggunakan pandangan Al-Qur’an maka mengetahui tujuan pernikahan yang salah satu tujuannya mendapat keturunan sangatlah urgen. Berdasarkan anjuran, keutamaan, serta urgensi anak sholeh dalam sebuah keluarga serta pertimbangan yang memberikan orientasi karir sebagai alasan untuk memilih childfree maka hendaknya pilihan tersebut tidak dilakukan hal ini dikarenakan perbuatan yang demikian tidak sejalan dengan anjuran Al-Qur’an serta meyalahi makna filosifis sebuah pernikahan. Rumusan masalah tesis ini adalah :(1) Bagaimana hukum childfree pada undang-undang di Indonesia. (2) Bagaimana pendapat para Ulama terhadap komitmen childfree dalam rumah tangga?. (3) Bagaimana pengaruh childfree terhadap urgensi regenerasi manusia?. Metode penelitian yang akan digunakan adalah penelitian hukum secara normatif. Jenis penelitianan yang akan digunakan adalah penelitian kepustakaan, khususnya dengan mengarahkan menggali informasi perpustakaan, yang merupakan jenis Penelitian kualitatif. Mencari teori-teori serta menelaah literatur guna mengumpulkan data dan informasi melalui bantuan buku-buku yang ada di perpustakaan maupun sumber-sumber lainya. Hasil Analisis yang diperoleh dari penelitian bahwa: (1) Dalam UU No. 35 Tahun 2014 disebutkan bahwa anak sebagai tunas, potensi, dan generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa. (2) Jika cara yang dilakukan adalah dengan mematikan sistem reproduksi secara permanen, maka hukumnya haram. Namun jika hanya sementara waktu saja menjadi makruh. Cara yang diperbolehkan adalah memakai pengaman dalam hubungan seksual seperti kondom dengan maksud agar sperma tidak masuk ke dalam rahim istri atau tidak melakukan hubungan intim setelah menikan. Namun demikian, kesemuanya berdampak tidak mendapat keutamaan pernikahan, sebab tujuan pernikahan adalah memperoleh keturunan. (3) Dampak dari childfree bagi keberlangsungan manusia di bumi yaitu Pemusnahan manusia (Genosida) secara halus yang merusak eksistensi kehidupan. Di samping itu childfree akan berpengaruh pada struktur penduduk di suatu negara.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Childfree, Hukum Islam, Undang-Undang
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisi: PASCASARJANA > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 27 Des 2022 06:39
Perubahan Terakhir: 27 Des 2022 06:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10755

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.