Penanaman Nilai Religius dan Disiplin pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Madrasah Tsanawiyah Daar el-Qolam 4 Tangerang

Anshorullah, Muhammad (2022) Penanaman Nilai Religius dan Disiplin pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Madrasah Tsanawiyah Daar el-Qolam 4 Tangerang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610036_COVER.pdf

Download (213kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610036_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610036_BAB I.pdf

Download (318kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_192610036_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (450kB)
[img] Teks
T_PAI_192610036_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (304kB)
[img] Teks
T_PAI_192610036_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (596kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610036_BAB V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610036_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perilaku siswa madrasah tsanawiyah pada saat kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. 2) mengetahui metode guru-guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai religius dan disiplin terhadap siswa madrasah tsanawiyah di Pondok Pesantren Daar El Qolam 4. 3) mengetahui dampak perilaku siswa madrasah tsanawiyah dari penanaman nilai religius dan disiplin pada pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 4. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sedangkan sumber penelitian adalah kepala sekolah, guru/pengajar pendidikan agama Islam dan beberapa santri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan mengunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil observasi dalam penelitian ini ditemukan fakta-fakta perilaku siswa madrasah tsanawiyah Daar el-Qolam 4 didalam kegiatan belajar mengajar pada pembelajaran pendidikan agama Islam, yaitu perilaku siswa masih kurang antusias didalam pembelajaran, suasana kelas yang kurang kondusif, dan belum optimalnya nilai religius dan disiplin yang diterapkan pada diri siswa. Guru-guru PAI menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi dan didalam proses penanaman nilai religius dan disiplin guru menggunakan metode keteladanan dan metode pembiasaan. Dan Dampak dari adanya penanaman nilai religius dan disiplin dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa madrasah tsanawiyah Daar el-Qolam 4, yaitu terbiasa melaksanakan ibadah, menghormati guru, keakraban dengan teman yang lain, memiliki kepedulian terhadap orang lain yang terkena musibah, bersikap toleran, dan taat pada peraturan pesantren. Diharapkan penelitian ini bermanfaat untuk PondokkpesantrennDaar el-Qolam 4mkhususnyaadannjuga bermanfaat bagi lembaga pendidikan lainnya sehingga dapat dilaksanakan dengan baik dan benar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Values, Religion, Discipline, Islamic Religious Education
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 27 Des 2022 02:10
Perubahan Terakhir: 27 Des 2022 02:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10754

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.