Anshorullah, Muhammad (2022) Penanaman Nilai Religius dan Disiplin pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Madrasah Tsanawiyah Daar el-Qolam 4 Tangerang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_192610036_COVER.pdf Download (213kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_192610036_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_192610036_BAB I.pdf Download (318kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PAI_192610036_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (450kB) |
||
Teks
T_PAI_192610036_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (304kB) |
||
Teks
T_PAI_192610036_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (596kB) |
||
|
Teks
T_PAI_192610036_BAB V.pdf Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_192610036_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perilaku siswa madrasah tsanawiyah pada saat kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. 2) mengetahui metode guru-guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai religius dan disiplin terhadap siswa madrasah tsanawiyah di Pondok Pesantren Daar El Qolam 4. 3) mengetahui dampak perilaku siswa madrasah tsanawiyah dari penanaman nilai religius dan disiplin pada pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 4. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sedangkan sumber penelitian adalah kepala sekolah, guru/pengajar pendidikan agama Islam dan beberapa santri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan mengunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil observasi dalam penelitian ini ditemukan fakta-fakta perilaku siswa madrasah tsanawiyah Daar el-Qolam 4 didalam kegiatan belajar mengajar pada pembelajaran pendidikan agama Islam, yaitu perilaku siswa masih kurang antusias didalam pembelajaran, suasana kelas yang kurang kondusif, dan belum optimalnya nilai religius dan disiplin yang diterapkan pada diri siswa. Guru-guru PAI menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi dan didalam proses penanaman nilai religius dan disiplin guru menggunakan metode keteladanan dan metode pembiasaan. Dan Dampak dari adanya penanaman nilai religius dan disiplin dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa madrasah tsanawiyah Daar el-Qolam 4, yaitu terbiasa melaksanakan ibadah, menghormati guru, keakraban dengan teman yang lain, memiliki kepedulian terhadap orang lain yang terkena musibah, bersikap toleran, dan taat pada peraturan pesantren. Diharapkan penelitian ini bermanfaat untuk PondokkpesantrennDaar el-Qolam 4mkhususnyaadannjuga bermanfaat bagi lembaga pendidikan lainnya sehingga dapat dilaksanakan dengan baik dan benar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Values, Religion, Discipline, Islamic Religious Education |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 27 Des 2022 02:10 |
Perubahan Terakhir: | 27 Des 2022 02:20 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10754 |
Actions (login required)
Lihat Item |