Implementasi Metode Pengembangan Muroja’ah dan Tahsin pada Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Upaya Mempertahankan Hafalan Al-Qur’an (Studi di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 4 Desa Pasir Gintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Banten)

Rohmah, Siti (2022) Implementasi Metode Pengembangan Muroja’ah dan Tahsin pada Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Upaya Mempertahankan Hafalan Al-Qur’an (Studi di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 4 Desa Pasir Gintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Banten). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120173_COVER.pdf

Download (74kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120173_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (873kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120173_BAB I.pdf

Download (338kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_182120173_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (690kB)
[img] Teks
T_PAI_182120173_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (355kB)
[img] Teks
T_PAI_182120173_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (631kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120173_BAB V.pdf

Download (216kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182120173_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa Al Qur’an merupakan Kalam Allah, yang tidak ada yang dapat menandinginya sejak seribu lima ratus tahun yang lalu. Tidak ada satupun bacaan di dunia ini seperti Al-Qur’an yang dibaca oleh ratusan juta orang lebih baik yang mengerti maupun yang tidak mengerti artinya dan atau tidak dapat menulis dengan aksaranya. Bahkan dihafal. bahwa sesungguhnya Allah telah menurunkan Al-Qur’an pada nabi Muhammad dan Allah SWT yang menjaga dan memeliharanya. (QS Al-Hijr : 9) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran pada Program Tahfidz Al-Qur’an, dan untuk mengetahui implementasi metode pengembangan Murojaah dan Tahsin pada Program Tahfidz Al-Qur’an serta untuk mengetahui kendala dan upaya implementasi metode pengembangan Murojaah dan Tahsin pada Prorgam Tahfidz dalam upaya memepertahankan hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 4, Gintung, Jayanti, Tangerang. Manfaatnya bagi pengembangan khazanah keilmuan sebagai bahan referensi, rujukan dan menambah pustaka pada perguruan tinggi serta memberikan tambahan pengetahuan & wawasan. Metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan survei lapangan. Tahap pertama, orientasi atau deskripsi, tahap kedua, reduksi/focus, tahap ini mereduksi segala informasi yang diperoleh pada tahap awal, proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penderhanaan, pengabstrakan dan transformasi data kasar yang muncul dari data-data lapangan. Tahap ketiga, seleksi/selection, pada tahap ini peneliti menguraikan fokus yang telah ditetapkan menjadi lebih rinci. Hasil penelitian, metode pembelajaran yang digunakan pada Program Tahfidz di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 4 adalah metode talaqqi dan tikror (tikror qiro’ah dan tikror syima’i). Implementasi Metode Pengembangan Muroja’ah dan Tahsin pada program ini, santri diharuskan me-murojaah-kan hafalannya setiap hari, santri diarahkan untuk menghafal ulang hafalan yang lama dan yang baru dengan menyetorkan kepada Asatidz untuk me-mutqin-kan Kendalanya, santri tidak hanya difokuskan untuk selalu menghafal ayat-ayat Al-Qur’an saja, kendala waktu, serta kendala pengadaan musyrif atau musyrifah. Upaya yang dilakukan dengan manajemen waktu yang baik dan efesien, jadwal program tahfidz yang komprehensif, penambahan musyrif dan musyrifah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Tahfidz Qur’an, Murojaah, Tahsin, Talaqqi, Tikror dan Musyrif / Musyrifah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 27 Des 2022 02:29
Perubahan Terakhir: 27 Des 2022 02:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10749

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.