Implementasi Pemerintah Terhadap Pencemaran Lingkungan oleh Limbah Industri Gula Perspektif UU No 32 Tahun 2009 dan Siyasah Dusturiyah (Studi Kasus Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon)

Al-Faruq, Amjad Imaddudin (2022) Implementasi Pemerintah Terhadap Pencemaran Lingkungan oleh Limbah Industri Gula Perspektif UU No 32 Tahun 2009 dan Siyasah Dusturiyah (Studi Kasus Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HTN_181120062_COVER.pdf

Download (25kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HTN_181120062_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (558kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HTN_181120062_BAB I.pdf

Download (332kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HTN_181120062_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (462kB)
[img] Teks
S_HTN_181120062_BAB IIII.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (401kB)
[img] Teks
S_HTN_181120062_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (492kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HTN_181120062_BAB V.pdf

Download (184kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HTN_181120062_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Masalah lingkungan sudah menjadi masalah lingkungan global yang sangat serius. Terutama dalam masalah limbah industri yang berdampak bukan hanya lingkungan pengindustrian akan tetapi lingkungan bermasyarakat yang mengakibatkan Lingkungan yang tercemar menyebabkan ketidak seimbangan ekologi. Hal ini Dinas Lingkungan Hidu perlu mengawasi guna mengurangi pencemaran lingkungan guna mendapatkan hak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah 1).Bagaimana mekanisme Dinas Lingkungan Hidup dalam menangani pencemaran lingkungan oleh limbah industri gula?. 2).Bagaimana Problematika masyarakat terhadap pencemaran lingkungan dari limbah industri gula?3). Bagaimana efektifitas penerapan uu no 32 tahun 2009 dan siyasah dusturiyah terhadap pencemaran lingkungan? Tujuan dari skripsi ini adalah: 1).Untuk mengetahui mekanisme Dinas Lingkungan Hidup dalam menangani pencemaran lingkungan oleh limbah industri gula?. 2).Untuk mengetahui Problematika dan upaya masyarakat terhadap pencemaran lingkungan dari limbah industri gula?3). Untuk mengetahui efektifitas penerapan uu no 32 tahun 2009 dan siyasah dusturiyah terhadap pencemaran lingkungan? Metode penelitian ini lebih difokuskan kedalam metode kualitatif deskriptif analisis artinya bahwa mencari dan memperoleh data dilapangan, karena untuk memberikan gambaran data yang terjadi dilapangan tentang aktifitas industri tersebut. 1). Implementasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) termasuk dalam kategori yang sangat dibutuhkan dan harus menjadi keamanan terbaik (finest security) guna mengawasi dan mengeksekusi perusahaan industri yang melewati batas aturan ekosistem. Meskipun masih terdapat kendala untuk menangani kenakalan industri dikarenakan petugas pengontrolan lapangan yang hanya 2 orang dan 1 koordinator yang harus mengawasi ratusan industri termasuk industri gula. 2). Masyarakat memiliki problematika tersendiri akibat pencemaran lingkungan terkhusus pada pencemaran limbah cair di sungai atau di sebagian rumah warga, mulai dar pencemaran udara yang mengganggu pernafasan masyarakat yang dihasilkan oleh limbah gas dan transportasi pabrik yang melintas menyebabkan debu yang sangat tebal dan pemcemaran limbah cair yang mengakibatkan sungai yang seharusnya menjadi RTH (Ruang Terbuka Hijau) akhirnya tidak tertangani secara baik. 3). Efektifitas penerapan UU no 32 tahun 2009 tentang PPLH melahirkan peraturan yang lainnya terkhusus peraturan dalam pemberdayaan industri guna meminimalisir tingkat pencemaran, akan tetapi dalam pelaksanaannya masih ada saja perusahaan/industri yang melanggar aturan tersebut terlepas pelanggaran yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Pada perspektif siyasah dustruriyah menyatakan untuk selalu menjaga lingkungan dari pencemaran. Selain itu, patut memilih pemimpin yang benar benar menetapkan kebijakan sesuai yang diatur dalam UU.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pencemaran Lingkungan, Siyasah Dusturiyah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 340 Hukum
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2023 07:27
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 03:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10708

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.