Syafi'ah, Ivi (2022) Analisis Strategi Bisnis Distributor Garam (Studi pada Distributor Garam Windu Mas di Kampung Kadu Badak Desa Sindanghayu, Kecamatan Saketi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_EIS_181410140_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (102kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_181410140_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (535kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_181410140_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (373kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_EIS_181410140_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (253kB) |
||
Teks
S_EIS_181410140_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (323kB) |
||
Teks
S_EIS_181410140_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (416kB) |
||
|
Teks
S_EIS_181410140_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (87kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_EIS_181410140_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (222kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kebutuhan garam di Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang dicukupi atau terpenuhi oleh penawaran atau produksi dari luar daerah. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat produksi dan distribusi garam di Kabupaten Pandeglang khususnya di Kecamatan Saketi belum efektif untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat akan garam. Terhitung hanya ada beberapa distributor yang beroperasi di Kecamatan Saketi dengan kondisi terjadinya kesenjangan dalam penguasaan pangsa pasar. Oleh karena itu, dibutuhkan straregi yang dilakukan oleh distributor secara efektif agar mampu bertahan dan meraih keunggulan bersaing dalam pasar. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana analisis Strategi Bisnis Distributor Garam di Windu Mas Di Desa Sindanghayu, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang Banten dalam menghadapi persaingan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui Strategi Bisnis Distributor Garam Windu Mas Di Desa Sindanghayu, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang Banten dalam menghadapi persaingan yang diterapkan oleh Distributor Garam Windu Mas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian lapangan adalah penelitian yang dilakukan secara langsung dilokasi penelitian guna memperoleh data yang berhubungan dengan masalah penelitian. Penelitian lapangan bertujuan untuk mempelajari secara intensif mengenai latar belakang suatu keadaan sekarang, dan interaksi lingkungan. Sedangkan untuk metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif, pengumpulan data untuk diuji hipotesis atau menjawab pertanyaan dari subjek penelitian dengan melalui pengumpulan melalui daftar pertanyaan dalam survei, wawancara atau observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, analisis strategi yang dilakukan mulai dari tahap input (External Factor Evaluation Matrix, Internal Factor Evaluation Matrix dan Competitive Profile Matrix), tahap pencocokan (Matrix Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats, Matrix Strategic Position and Action Evaluation, dan Matrix Internal Eksternal) dan tahap keputusan (Quantitative Strategic Planning Matrix), menggambarkan Distributor Garam Windu Mas dalam kondisi berkembang (Grow) dan build (membangun) sehingga strategi yang bisa dikembangkan perusahaan Distributor Garam Windu Mas adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Sehingga yang dapat dilakukan di Distributor Garam Windu Mas adalah menggunakan strategi distribusi intensif, Penetrasi pasar dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain penyesuaian harga, peningkatan promosi, perbaikan kualitas produk, dan kerja sama dengan perusahaan lain. Sedangkan untuk pengembangan produk dilakukan dengan berbagai cara antara lain: meningkatkan produk yang sudah ada, meningkatkan nilai produk, percobaan sampel produk secara gratis, dan penawaran paket. Dengan demikian Distributor Garam Windu Mas mampu bersaing tentunya dapat meningkatkan penjualan yang pada dasarnya dapat memaksimalkan jumlah keuntungan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Bisnis, Distributor Garam |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 15 Des 2022 03:18 |
Perubahan Terakhir: | 15 Des 2022 03:18 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10667 |
Actions (login required)
Lihat Item |