MULYANAH, ENOK (2022) Hubungan Kemapuan Kognitif Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs. Esa Nusa Islmic School Curug Tangerang” Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_1640100416_COVER.pdf Download (131kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_1640100416_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (864kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_1640100416_BAB I.pdf Download (374kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PAI_1640100416_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (586kB) |
||
Teks
T_PAI_1640100416_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (517kB) |
||
Teks
T_PAI_1640100416_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (392kB) |
||
|
Teks
T_PAI_1640100416_BAB V.pdf Download (187kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_1640100416_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Prestasi belajar sebagai tujuan dan ukuran hasil belajar serta ukuran kemampuan siswa dan guru. Usaha dan kerja keras siswa dan guru dalam membuat RPP, penggunaan media dan metode yang baik sering kali belum mampu mencapai tujuan pembeajaran maksimal, sebagaimana masalah yang ditemukan peneliti di MTs Esa Nusa Islamic School pada mata pelajaran akidah akhlak yang masih di bawah nilai rata-rata kelas atau KKM sebesar 75, selain itu banyaknya pelanggaran dan tatatertib sekolah yang menunjukan masih rendahnya sikap dan perilaku belajar siswa. Rumusan masalah yang diajukan peneliti adalah bagaimana kemampuan kognitif siswa, motivasi belajar siswa dan bagaimana hubungan kemampuan kognitif dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar akidah akhlak. Dengan rumusan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan kognitif siswa, motivasi belajar siswa dan mengetahui hubungan kemampuan kognitif dan motivasi dengan prestasi belajar akidah akhlak siswa MTS Esa Nusa Islamic School Tangerang. Metode yang digunakan pada penelitian korelasional ini adalah dengan menggunakan statistic korelasi produk momen dan diperkuat dengan statistic korelasi dalam mengukur tingkat hubungan antar variabel. Hasil penelitian yang dilakukan selama 5 bulan, (januari-mei 2018). diketahui bahwa kemampuan kognitif siswa berdasarkan analisis deskripsi dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 0,91 dan variabel motivasi sebesar 89,75 berada pada rentang 0,71-1,00) dengan interpretasi sangat baik (excelen). Adapun hubungan antar variabel (X1 dan X2 dengan Y) dengan rumus korelasi rx1yx2y = 0,523 dengan interpretasi hubungan cukup kuat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa variabel X1 dan X1 memiliki hubungan sebesar 53% terhadap variabel Y dan 47% lagi dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah kemampuan kognitif dan motivasi belajar memiliki andil meningkatkan prestasi belajar siswa. Siswa, guru, lembaga dan orang tua murid harus bersatu padau meningkatkan kemampuan siswa dengan latihan-latihan, memberikan rasa aman,nyaman dan terpenuhi kebutuhan belajar serta pendekatan dan bimbingan terpadu kepada siswa menjadi solusi meningkatkan prestasi belajar siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kemampuan kognitif, motivasi belajar dan prestasi belajar akidah akhlak. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Des 2022 01:36 |
Perubahan Terakhir: | 15 Des 2022 01:36 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10661 |
Actions (login required)
Lihat Item |