Efektivitas Penyuluh Agama dalam Proses Pembuatan Akta Ikrar Wakaf (AIW) pada Sarana Ibadah (Studi Kasus di KUA Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang)

Alimudin, Alimudin (2022) Efektivitas Penyuluh Agama dalam Proses Pembuatan Akta Ikrar Wakaf (AIW) pada Sarana Ibadah (Studi Kasus di KUA Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_171110024_COVER.pdf

Download (24kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_171110024_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (647kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_171110024_BAB I.pdf

Download (406kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_171110024_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (682kB)
[img] Teks
S_HKI_171110024_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (428kB)
[img] Teks
S_HKI_171110024_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (194kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_171110024_BAB V.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_171110024_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Salah satu lembaga keagamaan yang erat kaitannya dengan upaya pencapaian kemakmuran bersama adalah wakaf. Melalui wakaf seseorang memisahkan sebagian hartanya untuk dinikmati orang lain. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya setiap orang berhak untuk menikmati seluruh harta yang dikaruniakan Allah SWT kepada umat manusia, melalui cara yang ditentukan oleh-Nya. Pelaksanaan wakaf yang terjadi di Indonesia masih banyak yang dilakukan secara hukum agama atau atas dasar rasa saling percaya di mana wakif hanya menyerahkan tanah wakaf kepada seorang nazhir tanpa dilengkapi dengan adanya pembuatan Akta Ikrar Wakaf (AIW) atau sejenisnya. Perumusan masalah dari penelitian ini: 1) Bagaimana Proses Pembuatan Akta Ikrar Wakaf (AIW) untuk Sarana Ibadah di Kantor Urusan Agama (KUA) Sukadiri? 2) Bagaimana Tingkat Efektivitas Penyuluh Agama dalam Proses Pembuatan Akta Ikrar Wakaf (AIW) untuk Sarana Ibadah di Wilayah Kecamatan Sukadiri? Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pembuatan AIW untuk Sarana Ibadah di KUA Sukadiri. 2) Untuk mengetahui tingkat efektivitas penyuluh agama dalam proses pembuatan AIW untuk Sarana Ibadah di Kecamatan Sukadiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam praktiknya penelitian ini juga disebut penelitian lapangan (field research), peneliti juga melakukan wawancara dan penelitian pustaka (library research) untuk memperoleh informasi tahap awal yang berkaitan dengan objek formal penelitian. Kesimpulannya: Proses pembuatan Akta Ikrar Wakaf (AIW) di KUA Kecamatan Sukadiri yaitu wakif atau nazhir datang ke kantor KUA dengan membawa persyaratan yang ditentukan. Kemudian wakif atau nazhir mendaftarkan wakaf kepada Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW). Kemudian PPAIW melakukan pemeriksaan berkas dan melakukan survey objek wakaf. Setelah berkas diperiksa dan dinyatakan memenuhi syarat, wakif beserta nazhir dan 2 (dua) orang saksi beserta PPAIW melakukan penandatanganan Akta Ikrar Wakaf (AIW). Kemudian PPAIW membacakan dan mendatangani pengesahan Nazhir baik perseorangan, organisasi atau badan hukum, terakhir penyerahan Akta Ikrar Wakaf (AIW) kepada para pihak. Dan efektivitas penyuluh agama dalam proses pembuatan Akta Ikrar Wakaf (AIW) di wilayah Kecamatan Sukadiri masih belum begitu efektif karena pelaksanaan wakaf yang terjadi di Kecamatan Sukadiri masih banyak yang dilakukan secara agamis atau mendasar pada rasa saling percaya, yaitu wakif hanya menyerahkan tanah wakaf kepada seorang nazhir tanpa dilengkapi dengan adanya pembuatan Akta Ikrar Wakaf (AIW) atau sejenisnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.25 Pemberian > 2x4.252 Wakaf
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Des 2022 06:30
Perubahan Terakhir: 14 Des 2022 06:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10658

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.