Profil Pelajar Pancasila dalam Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam dan Undang-Undang No 20 Tahun 2003 (Studi di SMAN 1 dan SMA IT Raudhatul Jannah Kota Cilegon)

Masrurin, Dewi (2022) Profil Pelajar Pancasila dalam Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam dan Undang-Undang No 20 Tahun 2003 (Studi di SMAN 1 dan SMA IT Raudhatul Jannah Kota Cilegon). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_202610003_COVER.pdf

Download (27kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_202610003_LAMPIRAN DEPAN TESIS.pdf

Download (561kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_202610003_BAB 1.pdf

Download (690kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_202610003_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (675kB)
[img] Teks
T_PAI_202610003_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (249kB)
[img] Teks
T_PAI_202610003_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (637kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_202610003_BAB 5.pdf

Download (309kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_202610003_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pemasalahan moral dan perubahan karakter di kalangan muda-mudi sudah menjadi permasalahan global serta merupakan bagian dari masalah yang belum tuntas diselesaikan. Saat ini di dunia pendidikan Indonesia telah berkembang persoalan-persolan modern, seiring dengan pesatnya teknologi internet dan teknologi informasi dan komunikasi. Fenomena yang banyak terjadi di masyarakat adalah peyimpangan akhlak di kalangan remaja termasuk siswa di sekolah menengah atas yang semakin marak dengan masuknya pengaruh dan budaya asing yang banyak diikuti oleh pelajar-pelajar di Indonesia. pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merancang program dalam rangka menguatkan karakter peserta didik Indonesia dengan menetapkan kebijakan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif lokasi penelitian di dua sekolah yaitu SMAN 1 Kota Cilegon, dan SMA IT Raudhatul Jannahn Kota Cilegon Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fenomenologis dengan pendekatan kualitatif. Studi fenomenologis sebagai suatu metode penelitian mencoba mencari makna dari pengalaman dalam kehidupan. Penelitian ini juga di tunjang dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (libary reseach) dan penelitian lapangan (field reseach). Profil Pelajar Pancasila yang digagas oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sangat selaras dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan agama Islam dan Budi pekerti. Pelajar Pancasila yang dimaknai sebagai pembelajar sepanjang hayat yang mau terus belajar, dengan enam ciri utama yaitu (1) beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, (2) berkebinekaan global, (3) bergotong royong, (4) bernalar kritis, (5 mandiri) dan (6) kreatif memiliki konsepsi yang sama bahwa seorang muslim (yang beragama Islam) memiliki kewajiban untuk terus belajar dan menuntut ilmu bahkan mulai sejak dalam buaian sampai tutup usia. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasioanl sudah mengisyaratkan Profil Pelajar yang diharapkan oleh bangsa Indonesia yaitu tertuang dalam tujuan dan fungsi pendidikan yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggung jawab dan proses pendidikan diselenggarakan sebagai proses pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Agama Islam, Undang-Undang No 20 Tahun 2003
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Des 2022 03:03
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2024 08:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10652

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.