Penerapan Prinsip Pembelajaran Andragogi dalam Q.S Al-Kahfi Ayat 60-82 (Studi di Program Studi Magister PAI UIN SMH Banten)

Nurfaruqi, Madjid (2022) Penerapan Prinsip Pembelajaran Andragogi dalam Q.S Al-Kahfi Ayat 60-82 (Studi di Program Studi Magister PAI UIN SMH Banten). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182610002_COVER.pdf

Download (107kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182610002_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (712kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182610002_BAB I.pdf

Download (282kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_182610002_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (530kB)
[img] Teks
T_PAI_182610002_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (249kB)
[img] Teks
T_PAI_182610002_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (621kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182610002_BAB V.pdf

Download (95kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_182610002_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitan ini untuk menjelaskan: 1) Prinsip pembelajaran andragogi dalam Q.S al-kahfi ayat 60-82, 2) Prinsip pembelajaran andragogy di Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 3). Penerapan prinsip pembelajaran andragogy di Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan prinsip pembelajaran andragogy di Program Studi Magister PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Pada penelitian ini pendekatan yang ditempuh adalah kualitatif, yaitu penelitan yang menghasilkan data kajian teks al-Quran dari tiga kitab tafisr (Ibnu Katsir, al-Mishbah dan Jalalain) serta deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang dapat diamati berupa wawancara dengan tujuh responden pada tanggal 24 April - 15 Juni 2022 di antaranya ketua Program Studi Magister PAI Dr. Wasehudin, M.Si, sekretaris Program Studi Dr. Nining Syamsi, M.Si dan para dosen pengajar di Program Studi Magister PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Dr. Muhajir, M.A, Dr. H. Naf‟an Torihoran, M.Hum, Dr. Anis Fauzi, M.Si, Dr. H. Eko Wahyu Wibowo, S.Si, MM, M.Si, dan Dr. Badrudin, M.Ag. Para responden diwawancarai di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan lokasi rumah para dosen. Hasil penelitian ini, 1) Prinsip pembelajaran andragogy dalam surat al-kahfi ayat 60-82 yaitu, self motivation (ayat 60-61), konstrutivisme (63-64), learning contract (ayat 65-70), dialogis (ayat 71-78) serta mastery learning (ayat 79-82). 2) Prinsip pembelajaran andragogy di Program Studi Magister PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dari hasil wawancara diantaranya, perhatian, motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung, minat, pengalaman, dialogis, demokratis, egaliter, kreatif dan analitis. 3) Penerapan prinsip pembelajaran andragogy dalam Q.S al-Kahfi ayat 60-82 di Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten adalah prinsip motivasi dan diskusi, prinsip ini diterapkan juga oleh para dosen dalam pembelajaran. 4) Faktor pendukung, yaitu dengan adanya media yang canggih seperti google meet, goole cendekia, google classroom, perpustakaan online, zoom meet dan voice note. Selain media yang canggih harus adanya sarana prasarana yang mampu menunjang dalam pembelajaran serta strategi, media, metode dan evaluasi pembelajaran agar menjadi pembelajaran yang baik. Faktor penghambat, mahasisiwa memilki keterbatasan waktu, Faktor lain yang menghambat adalah rasa malas membaca. Alat dan bahan seperti laptop dan handphond harus support.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Prinsip, Pembelajaran, Andragogi, QS. al-Kahfi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Des 2022 06:56
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2024 08:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10640

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.