Potensi Asuransi Syariah di Kalangan Masyarakat UMKM (Studi Kasus pada Pedagang Muslim Desa Kepandean Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang-Banten)

Hudaefah, Eva (2022) Potensi Asuransi Syariah di Kalangan Masyarakat UMKM (Studi Kasus pada Pedagang Muslim Desa Kepandean Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430123_COVER.pdf

Download (297kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430123_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430123_BAB I.pdf

Download (252kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_AS_181430123_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (178kB)
[img] Teks
S_AS_181430123_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (561kB)
[img] Teks
S_AS_181430123_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (363kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430123_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430123_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

UMKM yang masih dalam proses pertumbuhan akan menghadapi beberapa macam risiko yang dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan usaha. 90% dari perusahaan tersebut akan bertahan lebih dari 3 tahun dan dapat tumbuh menjadi perusahaan yang sukses, dengan demikian UMKM harus aktif dalam merespon pertumbuhan risiko yang telah menjadi permsalahan yang penting. Agar dapat mengantisipasi kemungkinan buruk yang dapat terjadi, maka asuransi syariah bisa menjadi salah satu solusi alternatif yang dapat dipilih. Rumusan maslah dan tujuan penelitian ini adalah mengenai bagaimana potensi asuransi syariah di kalanga masyarakat UMKM di Desa kepandaen Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Potensi yang dimiliki masyaraat UMKM di Desa Kepandean Kecamatan Ciruas Kabupaten Seang dapat menjadi peluang untuk pengembangan asuransi syariah dan bagaimana pemahaman masyarakat Desa Kepandean Kecamata Ciruas Kabpaten Serang yang mash minim tentang asuransi syariah sehingamenjadi kendala pengembangannya? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dskripif dengan teknik analisis datanya menggunaan analisis SWOT. Data yang digunakan adalah data primer yang diproleh melalui wawancara dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukan peluang pengembangan yang dimiliki masyarakat UMKM Desa Kepanden dari segi kekuatan yaitu berupa jaringan yang sudah online, prinsip non riba, asuransi syariah yang tumbuh dan berkembang, dan SDM SDA yang berkualitas. Sedangkan, jika dilihat dari segi peluangnya yaitu mayoritas masyarakat beragama islam, kemajuan teknologi (masyarakat), tingginya pertumbuhan masyarakat kelas menengah, dan meningkatnya kebutuhan investasi masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Potensi,, Analisis SWOT, Asuransi Syariah, UMKM
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 12 Des 2022 06:20
Perubahan Terakhir: 12 Des 2022 06:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10616

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.