Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Potongan Harga dan Gratis Ongkir Menggunakan Shopeepay (Studi Kasus di Marketplace Shopee)

Fauziah, Gina (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Potongan Harga dan Gratis Ongkir Menggunakan Shopeepay (Studi Kasus di Marketplace Shopee). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130161_COVER.pdf

Download (105kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130161_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (519kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130161_BAB I.pdf

Download (520kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_181130161_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (278kB)
[img] Teks
S_HES_181130161_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (605kB)
[img] Teks
S_HES_181130161_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (454kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130161_BAB V.pdf

Download (135kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130161_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pembayaran menggunakan uang elektronik dalam marketplace Shopee yang dikenal dengan fitur ShopeePay selain menawarkan kemudahan dan kepraktisan kepada masyarakat, juga menawarkan adanya promo potongan harga dan gratis ongkir. Karena dalam praktiknya potongan harga dan gratis ongkir ini hanya bisa digunakan dalam pembayaran di marketplace Shopee menggunakan Shopeepay, maka dalam hal ini diperlukan adanya pembahasan mengenai bagaimana hukum Islam mengatur terhadap mekanisme dan akad pada praktik potongan harga dan gratis ongkir menggunakan ShopeePay. Berdasarkan latar belakang diatas, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana praktik pemberian potongan harga dan gratis ongkir menggunakan ShopeePay di marketplace Shopee. 2. Bagaimana hukum Islam meninjau adanya mekanisme dan akad dalam praktik potongan harga dan gratis ongkir menggunakan ShopeePay di marketplace Shopee. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana mekanisme pemberian potongan harga dan gratis ongkir menggunakan ShopeePay. 2. Untuk menganalisis bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap mekanisme dan akad pada praktik potongan harga dan gratis ongkir menggunakan ShopeePay. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis data yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi dengan seller Shopee dan pihak agent Shopee. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik potongan harga dan gratis ongkir menggunakan ShopeePay dapat diperoleh dari toko yang telah terdaftar pada program promo tersebut dengan marketplace Shopee. Pemberian promo potongan harga dan gratis ongkir dengan memenuhi syarat, yakni dengan syarat metode pembayaran menggunakan Shopeepay. Berdasarkan tinjauan hukum Islam terhadap praktik potongan harga dan gratis ongkir menggunakan ShopeePay, transaksi tersebut menggunakan akad wadi’ah, dengan skema akad saat pengguna melakukan top up saldo, uang yang tersimpan dalam dompet digital atau Shopeepay tersebut bersifat iv titipan. Maka dalam hal tidak bertentangan dengan Fatwa DSN MUI No. 116 Tahun 2017 tentang Uang Elektronik Syariah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Shopeepay, Wadi’ah, Potongan Harga, Gratis Ongkir
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Des 2022 03:42
Perubahan Terakhir: 09 Des 2022 03:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10583

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.