Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jasa Gesek Tunai Limit Payletter (Studi kasus di Akun Jasa Gesek Tunai @Jelascair.real)

Dwitami, Cornelia Asga (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jasa Gesek Tunai Limit Payletter (Studi kasus di Akun Jasa Gesek Tunai @Jelascair.real). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130139_COVER.pdf

Download (37kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130139_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (861kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130139_BAB I.pdf

Download (280kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_181130139_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (305kB)
[img] Teks
S_HES_181130139_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (486kB)
[img] Teks
S_HES_181130139_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (305kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130139_BAB V.pdf

Download (57kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130139_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Peneliti ini dilatar belakangi oleh maraknya penggunaan jasa gestun dalam bentuk suatu transaksi pencairan uang dengan cepat dan mudah, maka dari itu masyarakat yang semakin konsumtif. Jasa gesek tunai yaitu salah satu bentuk dari jasa pencairan uang yang dapat digunakan oleh pengguna yang menggunakan payletter pada e-commerce. Salah satu pihak yang menawarkan jasa tersebut adalah Jasa @Jelascair.real. Jasa @Jelascair.real menyediakan layanan jasa berupa pencairan dana payletter dalam bentuk tunai jasa tersebut biasa di sebut dengan Gestun (Gesek Tunai). Perumusan masalah: 1) Bagaimana sistem transaksi pencairan pada Jasa Gesek Tunai Limit Payletter dengan pengguna pada akun Instagram @Jelascair.real?, 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam pada Jasa Gesek Tunai dengan Akad Ijarah pada akun Instagram @Jelascair.real? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk memahami sistem transaksi pencairan terhadap Jasa Gesek Tunai Limit Payletter dengan pengguna pada akun Instagram @Jelascair.real, 2) Untuk memahami tinjauan hukum Islam pada Jasa Gesek Tunai Limit Payletter dengan Akad Ijarah pada akun Instagram @Jelascair.real. Metode yang digunakan dalam penelitian yuridis empris yaitu: penelitian lapangan yang mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan dalam masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulakan informasi-informasi data primer yang diperoleh dengan secara wawancara. Maka dari itu wawancara akan dilakukan pada pihak pengguna jasa gestun pada akun Instagram @Jelascair.real. Kesimpulan yang dapat diambil adalah: 1) Sistem transaksi pencairan pada Jasa Gesek Tunai Limit Payletter @Jelascair.real yaitu pengguna harus memiliki payletter pada akun e-commerce seperti Shopeeletter, Tokopedia, Gopayletter, lalu kemudian pengguna akan diarahkan membeli barang melalui e�commerce yang telah ditentukan pihak gestun dan melakukan metode pembayaran dengan payletter yang dimiliki pengguna. Jika transaksi transaksi pencairan uang tunai melalu jasa gestun ini didalamnya terdapat akad qard dan riba. Maka dari itu pentingnya pengetahuan tentang akad qard yang sesuai dengan syariat Islam, 2) Tinjauan hukum Islam pada Jasa Gesek Tunai dengan Akad Ijarah pada akun Instagram @Jelascair.real yaitu untuk pembiayaan multijasa, para pihak jasa gestun akadnya yaitu pemberi sewa (mu’ajjir), pengguna selaku penyewa (musta’jir), dan fee (ujrah) atau biaya tambahan sebagai upah. Jasa gestun ini sah atau boleh dilakukan karena sudah terpenuhi dalam akad Ijarah, karena tidak ada tambahan biaya dalam akad qard.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Jasa, Gesek Tunai, Payletter
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Des 2022 07:11
Perubahan Terakhir: 09 Des 2022 07:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10574

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.