Peran Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) dalam Peningkatan Kualitas Permukiman Berbasis Partisipasi Masyarakat (Studi Kasus: Kampung Muka, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara)

Maulady, Senny Ginola (2022) Peran Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) dalam Peningkatan Kualitas Permukiman Berbasis Partisipasi Masyarakat (Studi Kasus: Kampung Muka, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_171380003_COVER.pdf

Download (118kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_171380003_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (294kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_171380003_BAB I.pdf

Download (356kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_171380003_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (318kB)
[img] Teks
S_PMI_171380003_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (104kB)
[img] Teks
S_PMI_171380003_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (224kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_171380003_BAB V.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_171380003_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Urbanisasi merupakan bertambahnya jumlah penduduk yang disertai dengan kemampuan ekonomi para urban yang relatif rendah dan berimbas pada kondisi lingkungan yang tidak dapat diperbaiki. Menurut Putro lingkungan pemukiman kumuh membawa permasalahan baru, seperti pengembangan fisik kota yang tidak baik, tingkat kesehatan yang semakin rendah akibat dari kondisi permukiman yang tidak sesuai dengan standar kesehatan yang dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi yang buruk. Kondisi ini memberikan dampak terhadap pertumbuhan permukiman kumuh di lokasi yang ilegal. Partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam hal ini guna menjaga kesehatan lingkungan dan menata permukiman kumuh menjadi suatu bentuk penataan kampung agar terciptanya suatu permukiman yang bebas dari kata kumuh, sehat dan nyaman. Dalam mendukung peningkatan kualitas permukiman diperlukan upaya dengan mengedepankan partisipasi masyarakat setempat yang diharapkan akan melahirkan sebuah konsep yang optimal sesuai dengan kondisi dan potensi wilayah penduduk setempat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi lokasi kampung muka melalui karakteristik masyarakat, tingkat partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas pemukiman dengan adanya peran JRMK di kampung muka, RW 04, Kelurahan Ancol. Metode yang digunakan dalam penelitian mengenai Peran JRMK Dalam Proses Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Berbasis Partisipasi Masyarakat adalah metode kualitatif deskriptip, yaitu jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, baik dalam proses perencanaan maupun pelaksanaan program, masyarakat cukup tertarik dan memiliki inisiatif untuk berpartisipasi secara langsung. Partisipasi masyarakat wilayah kampung muka RW.04 sebelum adanya JRMK termasuk kedalam karakteristik partisipasi pasif, yang ditandai dengan ketidakikutsertaan masyarakat kampung muka dalam segala bentuk pembangunan atau kegiatan yang dilaksanakan. Setelah adanya JRMK di Kampung Muka khususnya RW.04, pengurus wilayah dan perwakilan dari JRMK memiliki tujuan yang sama yaitu berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat secara individu maupun berkelompok dalam seluruh kegiatan dan program yang berlangsung.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Permukiman Kumuh, JRMK, Partisipasi Masyarakat
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 361 Sosial & masalah kesejahteraan sosial pada umumnya
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Des 2022 07:26
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10558

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.