Pemberdayaan Anak Jalanan Melalui Program Pendidikan dan Keterampilan (Studi pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Aulia Qurrota Aini di Desa Kramatwatu, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang)

Anwar, Syaiful (2022) Pemberdayaan Anak Jalanan Melalui Program Pendidikan dan Keterampilan (Studi pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Aulia Qurrota Aini di Desa Kramatwatu, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530078_COVER.pdf

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530078_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (446kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530078_BAB I.pdf

Download (380kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_181530078_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (360kB)
[img] Teks
S_PMI_181530078_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (238kB)
[img] Teks
S_PMI_181530078_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (251kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530078_BAB V.pdf

Download (160kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530078_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kesejahteraan sosial yang merata merupakan suatu impian bagi setiap negara. Namun proses untuk mencapai kesejahteraan sosial tersebut tidak lah mudah, karena akan bayak melewati fase dan rintangan yang salah satunya adalah pembangunan kesejahteraan sosial akan terlahir suatu kesenjangan sosial. Dari kesenjangan sosial akan melahrkan berbagai macam permasalahan, diantaranya adalah kemiskinan. Kemiskinan tidak hanya berbicara kekurangan kebutuhan pokok saja, namun di sisi lain juga kemiskinan meliputi kebutuhan lainnya seperti tingkat pendidikan yang rendah bagi seseorang. Seperti yang dialami oleh anak-anak jalanan yang berada di Desa Kramatwatu yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, Yayasan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Aulia Qurrota Aini Kramatwatu membuatkan tempat Rumah Singgah bagi anak-anak jalanan yang berada di Desa Kramatwatu untuk diberdayakan. Yayasan LKSA Aulia Qurrota Aini Kramatwatu menyediakan dua program dalam pelaksanaan pemberdayaannya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian adalah: 1) Bagaimana kondisi anak-anak jalanan Desa Kramatwatu, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang? 2) Bagaimana proses pemberdayaan yang dilakukan Oleh Yayasan Aulia Qurrota Aini Terhadap Anak Jalanan? 3) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pemberdayaan anak jalanan melalui program pendidikan dan keterampilan di Yayasan Aulia Qurrota Aini Desa Kramatwatu, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Untuk mengetahui kondisi anak-anak jalanan Desa Kramatwatu, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang. 2) Untuk mengetahui proses pemberdayaan yang dilakukan oleh Yayasan Aulia Qurrota Aini Terhadap Anak Jalanan. 3) Untuk mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pemberdayaan anak jalanan melalui program pendidikan dan keterampilan di Yayasan Aulia Qurrota Aini Desa Kramatwatu, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang. Dalam penelitian ini saya menggunakan metode deskriptif kualitatif, karena saya ingin menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang terjadi di tempat penelitian. Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Yayasan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Aulia Qurrota Aini Kramatwatu memiliki dua program pemberdayaan bagi anak-anak jalanan yang berada di Desa Kramatwatu, yaitu program pendidikan dan program pelatihan keterampilan. Pada program pendidikan, Yayasan LKSA Aulia Qurrota Aini Kramatwatu menyediakan beberapa kelas yaitu: Kelas Baca, Paket B dan Paket C. Sedangkan untuk program pelatihan ketampilan, Yayasan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Aulia Qurrota Aini Kramatwatu menyediakan beberapa program pelatihan yaitu: program pelatihan pembuatan hantran, program pelatihan menjahit dan program pelatihan las listrik. Dengan adanya dua program tersebut, maka dapat dirasakan manfaatnya oleh anak-anak jalanan baik dari segi pendidikannya maupun bentuk hasil dari program pelatihan keterampilannya. Adapun faktor pendukung dalam kegiaitan pemberdayaan anak-anak jalanan tersebut yaitu: keterlibatan pengurus dalam pelaksanaan kegiatan, tersedianya bangunan permanen untuk pelaksanaan kegiatan/sarana dan prasarana yang memadai, adanya bantuan dari pihak donator luar dan dalam, adanya sasaran pemberdayaan (anak-anak jalanan yang terlibat) dan tersedianya sistem administrasi yang baik. Adapun faktor penghambat yaitu: kurangnya pemahaman orang tua terhadap perlindungan anak, kurangnya pemahaman orang tua tentang eksploitasi anak dan minimnya pemahaman tokoh masyarakat sekitar (lingkungan tempat tinggal anak-anak jalanan) terhadap hak dan perlindungan anak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemberdayaan, Anak Jalanan, Pendidikan, Keterampilan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 361 Sosial & masalah kesejahteraan sosial pada umumnya
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 05 Des 2022 08:32
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10553

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.