Peran Tim Penggerak PKK dalam Pemberdayaan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Melalui Kelompok Tani Sereh Wangi (Studi di Kelurahan Kotasari, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon)

Juliawan, Asri (2022) Peran Tim Penggerak PKK dalam Pemberdayaan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Melalui Kelompok Tani Sereh Wangi (Studi di Kelurahan Kotasari, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530026_COVER.pdf

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530026_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (315kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530026_BAB I.pdf

Download (405kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_181530026_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (254kB)
[img] Teks
S_PMI_181530026_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (335kB)
[img] Teks
S_PMI_181530026_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (219kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530026_BAB V.pdf

Download (153kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530026_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pengembangan tanaman obat telah mengalami percepatan hingga pada penemuan obat mamupun teknologi baru. Dengan berkembangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh bahan kimia yang terkandung dalam obat-obatan. Oleh karena itu perlu dimulai kesadaran masyarakat untuk membudidayakan tanaman obat keluarga dan mengkonsumsi tanaman obat keluarga. Toga identic dengan jamu yang berasa pahit, tidak memiliki nilai estetika dan tidak enak untuk dikonsumsi sehingga pengembangan masih terbatas karena kurang diminati. Maka dari itu masih membutuhkan binaan untuk mendorong masyarakat untuk menggunakan obat-obatan tradisional. Dalam pengembangan ini tentu saja tidak lepas dari TP-PKK yang berperan dalan membudidayan tanaman obat keluarga. Berdasarkan latar belakang di atas maka, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pelaksanaan pemberdayaan program TOGA yang dilakukan oleh KWT Sereh Wangi? 2) Bagaimana hasil pelaksanaan pemberdayaan TOGA yang dilakukan oleh KWT Sereh Wangi? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Untuk mengidentifikasi proses pelaksanaan pemberdayaan TOGA yang dilakukan oleh KWT Sereh Wangi. 2) Untuk mengidentifikasi hasil pelaksanaan pemberdayaan TOGA yang dilakukan oleh KWT Sereh Wangi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara sehingga mampu menggali lebih dalam tentang program tanaman obat keluarga (TOGA). Informan dalam penelitian ini meliputi Ketua PKK, Ketua KWT, Sekretaris Kelurahan, Anggota KWT dan Masyarakat Kelurahan Kotasari. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di Kelurahan Kotasari Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, bisa disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanaman tanaman obat keluarga seperti program TOGA melalui penyuluhan obat tradisional dan pelatihan penanaman tanaman obat. Sehingga dapat merasakan penggunaan tanaman obat keluarga bukan hanya untuk bumbu dapur melainkan tanaman tersebut bisa menjadi obat herbal sebagai penolong pertama di keluarga sebelum mendatangi tenaga kesehatan professional. Program TOGA ini sudah berjalan dengan baik sampai saat ini sehingga anggota dan masyarakat bisa memanfaatkan dan merasakan khasiatnya dari tanaman obat tersebut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran, Tanaman, Obat, Keluarga, Kelompok Wanita Tani
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Des 2022 07:30
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10550

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.