Hakim, Muhammad Ainul (2022) Peran Rifa’ah Badawi Rafi’ Al-Tahtawi dalam Pembaharuan Pendidikan Islam di Mesir Tahun 1831-1873 M. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_SPI_161350056_COVER.pdf Download (187kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SPI_161350056_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (433kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SPI_161350056_BAB I.pdf Download (438kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_SPI_161350056_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (465kB) |
||
Teks
S_SPI_161350056_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (363kB) |
||
Teks
S_SPI_161350056_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (633kB) |
||
|
Teks
S_SPI_161350056_BAB V.pdf Download (275kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SPI_161350056_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Sejarah modernisasi pendidikan di Mesir sangat erat kaitannya dengan gerakan pembaharuan Islam, gerakan pembaharuan inilah yang mengilhami lahirnya ide-ide pemikiran modern. Sebelum kelahiran Rifa’ah Al-Tahtawi, hampir keseluruhan wilayah daratan Arab berada di wilayah kekuasaan Turki Utsmani. Kondisinya sangat memprihatinkan, kemunduran dan kebodohan merupakan gambaran umum yang dapat dilihat pada saat itu. Rifa’ah Al-Tahtawi mempunyai peranan yang besar dalam pembaharuan pendidikan Islam di Mesir, Rifa’ah sendiri menjadi tokoh yang berpengaruh dalam sejarah modernisasi pendidikan di Mesir. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, perumusan masalah penelitian adalah, sebagai berikut: (1) Bagaimana Biografi Rifa’ah Al-Tahtawi? (2) Bagaimana Kondisi Bangsa Mesir Tahun 1831-1873 M? (3) Bagaimana Peran Rifa’ah Al-Tahtawi dalam Pembaharuan Pendidikan Islam di Mesir? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Biografi Rifa’ah Al-Tahtawi. (2) Kondisi Bangsa Mesir Tahun 1831-1873 M. (3) Peran Rifa’ah Al-Tahtawi dalam Pembaharuan Pendidikan Islam di Mesir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Sejarah, melalui beberapa tahapan, yaitu: tahapan Heuristik, Verifikasi, Interpretasi dan Historiografi. Hasil dari penelitian skripsi ini, sebagai berikut: Rifa’ah Al-Tahtawi (1801-1873) merupakan seorang tokoh penggerak awal pembentukan pendidikan berbasis modern. Setelah hijrahnya dari Paris, Rifa’ah Al-Tahtawi lebih banyak menghabiskan waktunya untuk membantu para penguasa untuk memoderenisasikan Mesir, seperti dalam bidang pendidikan dari statis menjadi dinamis dan bersifat tidak rasis terhadap kaum wanita. Pada rentang tahun 1831-1873 M, kondisi mesir mengalami pasang surut dalam berbagai bidang, salah satunya kondisi pendidikan di Mesir yang pada saat itu secara kuantitas pendidikan Islam menunjukan perkembangan yang baik. Dalam upaya memodernisasikan Mesir, Rifa’ah juga mendirikan sekolah-sekolah pendidikan penerjemahan, sekolah sipil dan lembaga penerjemah yang berbasis modern. Menurut Rifa’ah, pendidikan harus dilaksanakan dan diperuntukan untuk segala golongan yang tidak membedakan antara pendidikan anak laki-laki dan anak perempuan. Melalui iii ide-idenya, Rifa’ah Al-Tahtawi berusaha mengkonsepkan ide-idenya lewat karyanya dan berusaha mewujudkan pendidikan Islam yang dinamis.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Peradaban Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 05 Des 2022 08:30 |
Perubahan Terakhir: | 05 Des 2022 08:30 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10540 |
Actions (login required)
Lihat Item |