Wanita yang Menginspirasi dalam Al-Qur'an (Kajian atas Pemikiran Asma Lamrabet dalam Buku Women in the Qur'an)

Mutmainnah, Annida Inna (2022) Wanita yang Menginspirasi dalam Al-Qur'an (Kajian atas Pemikiran Asma Lamrabet dalam Buku Women in the Qur'an). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320013_Cover.pdf

Download (131kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320013_Lampiran Depan.pdf

Download (811kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320013_BAB I.pdf

Download (258kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_IAT_181320013_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (272kB)
[img] Teks
S_IAT_181320013_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (265kB)
[img] Teks
S_IAT_181320013_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (466kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320013_BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320013_Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Sejarah telah menjadi saksi akan peranan perempuan sebagai pendamping dalam menanggung tanggungjawab hidup, islam mengistimewakan sepenuhnya hal-hak asasi perempuan. Islam menganggap perempuan sebagai manusia yang sempurna, mempunyai hak dan tanggungjawab. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana kisah wanita yang menginspirasi dalam al-Qur‟an pada buku Women In The Qur’an? 2) Bagaimana kontekstualisasi ide moral wanita yang menginsprasi dalam al-Qur‟an di era sekarang ?. Adapun tujuan dari skripsi ini adalah : 1) Untuk mengetahui kisah wanita yang menginspirasi dalam al-Qur‟an pada buku Women In The Qur’an. 2) Untuk mengetahui kontekstualisasi ide moral wanita yang menginspirasi dalam al�Qur‟an. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dan analisis isi dengan pemikiran Asma Lamrebet. Sumber data Primer penelitian ini adalah buku Women In The Qur’an karya Asma Lamrabet. Sedangkan sumber sekunder adalah buku-buku yang berkaitan dengan tema pembahasan. Hasil penelitian ini, sebagai berikut: Bilqis yang menedepankan kepentingan rakyatnya dan mengutamakan nilai-nilai etika bersadarkan keadilan. Zulaykha, tentang konsep jodoh serta tentang tidak mudah putus asa, kesabaran dan ketabahan. Ummu Musa dan Asiah dapat mempelajari bahwa seorang wanita harus berani melawan ketidakadilan dan penindasan yang terjadi. Putri Syu‟aib (Shafura) dapat dipelajari cara pengolah rasa emosional yang diekspresikan dengan perbuatan baik. Dari kisah Maryam dapat dipelajari cara selalu tenang, sabar dalam menghadapi semua kritikkan yang menerpanya. Sehingga nilai-nilai yang terjadi pada tokoh-tokoh di atas, dapat dipelajari oleh para kaum wanita untuk menghadapi semua perkembangan zaman dan berani berekspresi tentang pendapat yang dimilikinya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Tokoh-tokoh Wanita Teladan, Al-Qur'an
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.6 Cerita-cerita dari Al Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 07:59
Perubahan Terakhir: 11 Apr 2023 07:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10536

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.