Susunan Nama Surat Al-Qur’an dalam Naẓam Ibrāhīmīyah Karya Duraid Ibrahim Al-Muṣoli

Hinati, Siti Hajidah (2022) Susunan Nama Surat Al-Qur’an dalam Naẓam Ibrāhīmīyah Karya Duraid Ibrahim Al-Muṣoli. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320017_COVER.pdf

Download (269kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320017_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (813kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320017_BAB I.pdf

Download (422kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_IAT_181320017_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (560kB)
[img] Teks
S_IAT_181320017_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (579kB)
[img] Teks
S_IAT_181320017_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (668kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320017_BAB V.pdf

Download (202kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320017_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Al-Qur'an terdiri dari susunan ayat dan surat. Setiap surat Al-Qur'an diberikan nama khusus sebagai tanda dari surat tersebut. Penyebutan nama surat Al-Qur'an sesuai dalam mushaf yang berjumlah 114 surat yang diawali dari surat Al-Fatihah hingga surat An-Nas supaya mudah diingat dan dipelajari, salah satu kajian yang mengemaskan nama-nama surat tersebut yaitu menggunakan Nazam Ibrāhīmiyah. Penelitian ini membahas mengenai susunan dan nama surat yang terdapat dalam Naẓam Ibrāhīmiyah yang ditulis berbeda dari namanya dalam menyesuaikan naẓam maupun ragam nama surat berdasarkan sumbernya apakah tauqifi atau ijtihadi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kepustakaan (library research) yaitu mengumpulkan data-data kepustakaan baik berupa buku, karya-karya ilmiah yang dinilai relevan untuk membantu pembahasan pada penelitian ini. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana susunan surat Al-Qur’an dalam Naẓam Ibrāhīmiyah?, 2) Bagaimana penamaan surat-surat Al-Qur’an pada Naẓam Ibrāhīmiyah?. Maka tujuan penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui susunan surat Al-Qur’an dalam Naẓam Ibrāhīmiyah. 2) Untuk mengetahui penamaan surat-surat pada Naẓam Ibrāhīmiyah. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa susunan surat yang terdapat dalam Naẓam Ibrāhīmiyah yaitu berdasarkan tauqifi, susunannya sesuai dengan mushaf Uṣmani yang diawali surat Al-Fātiḥah hingga surat An-Nās. Adapun dalam penyebutan nama surat-surat dalam Naẓam Ibrāhīmiyah sebagian besar menggunakan nama yang ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW (tauqifi) dan beberapa penyebutan nama surat menggunakan nama lain berdasarkan Ijtihadi. Diantaranya ada tiga nama surat yang ditulis dalam naẓam tersebut nama yang bersumber atas dasar ijtihadi yakni surat Imtiḥan, ‘Amma Yatasā’alūn dan Zulzilat. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua nama surat dalam Al-Qur’an diberikan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabat pun menamakan surat-surat dalam Al-Qur’ān. Naẓam Ibrāhīmiyah memudahkan para penghafal Al-Qur’an maupun para pengkaji Al-Qur’an untuk menghafalkan nama-nama surat Al-Qur’an secara cepat dan tepat berdasarkan susunan surat Al-Qur’an dari surat Al-Fātiḥah sampai surat An-Nās.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Nama Surat, Al-Qur’an, Naẓam
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Des 2022 07:21
Perubahan Terakhir: 02 Des 2022 07:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10528

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.