Konseling Realitas dalam Memotivasi Semangat Belajar Santri (Studi di Pondok Pesantren Al-Bina Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten)

Azhari, Rico (2022) Konseling Realitas dalam Memotivasi Semangat Belajar Santri (Studi di Pondok Pesantren Al-Bina Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520158_Cover.pdf

Download (122kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520158_Lampiran Depan.pdf

Download (622kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520158_BAB I.pdf

Download (306kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520158_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (303kB)
[img] Teks
S_BKI_181520158_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (281kB)
[img] Teks
S_BKI_181520158_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (411kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520158_BAB V.pdf

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520158_Daftar Pustaka.pdf

Download (147kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan atas fenomena yang terjadi di pondok pesantren yang menunjukan pengaruh kondisi keluarga dan lingkungan terhadap santri dipondok. Santri yang dilatarbelakangi kekurangan kasih sayang yang menjadikan kurang semangatnya belajar pada santri. Peneliti dilakukan pada santri di Pondok Pesantren Al-Bina, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Provinsi banten dan ditemukan santri yang memiliki kurang semangat belajar dipondok. Santri yang kurang semangat dipondok merupakan santri yang kurang bisa memahami dan menerima keadaan dirinya secara realita dan positif sehingga santri tidak bisa bertanggung jawab atas dirinya sendiri yang mengakibatkan anak memiliki kurang semangat belajar di pondok. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana keadaan semangat belajar pada santri di pondok pesantren Al-Bina? 2) Bagaimana proses tindakan layanan konseling realitas dalam menangani masalah semangat belajar santri di Pondok Pesantren Al-Bina? 3) Bagaimana hasil tindakan layanan konseling realitas dalam menangani masalah semangat belajar santri di pondok pesantren Al-Bina? Tujuan penelitian ini meliputi : 1) Untuk Mengetahui keadaan semangat belajar pada santri di Pondok Pesantren al-Bina. 2) Untuk mengetahui bagaimana proses tindakan layanan konseling realitas di Pondok Pesantren Al-Bina. 3) Untuk mengetahui bagaimana hasil tindakan layanan konseling realitas dalam menangani masalah semangat belajar di Pondok Pesantren. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan tindakan dan digunakan untuk membantu memecahkan masalah sosial dengan melakukan tindakan secara nyata. Subjek yang diteliti sejumlah 4 anak yang memiliki masalah kurang semangat belajar di pondok, dengan latar belakang permasalahan yang berbeda. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan Teknik analisis kualitatif deskriptif. Adapun penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan Semangat belajar pada santri Pondok Pesantren Al-Bina, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yaitu minim sekali, proses konseling menggunakan konseling realitas dengan tahapan WDEP (Want, Direction, Evaluation, Planning) Hasil penelitian dari konseling realitas yakni semangat belajar santri meninggkat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling Realitas, Motivasi, Belajar
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Des 2022 07:56
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 06:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10524

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.