Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Dalam Mengatasi Kecemasan Istri yang Menjalin Hubungan Jarak Jauh dengan Suami (Studi di Desa Margatani Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang, Banten)

Herdianti, Namira Dwi Aprilly (2022) Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Dalam Mengatasi Kecemasan Istri yang Menjalin Hubungan Jarak Jauh dengan Suami (Studi di Desa Margatani Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang, Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520066_COVER.pdf

Download (109kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520066_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (571kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520066_BAB I.pdf

Download (370kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520066_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (569kB)
[img] Teks
S_BKI_181520066_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (315kB)
[img] Teks
S_BKI_181520066_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (328kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520066_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520066_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pernikahan itu dilaksanakan bukan hanya bertujuan untuk mendapatkan keturunan saja, melainkan agar mampu menciptakan rumah tangga yang rukun dan bahagia. Tapi untuk mencapai keluarga yang seperti itu ada tantangan besar di dalamnya. Salah satu contohnya yaitu hubungan jarak jauh atau biasa disebut dengan Hubungan Jarak Jauh artinya jalinan sebuah hubungan yang terjadi pada pasangan suami istri saat salah satunya harus berpindah untuk melaksanakan kewajibannya yaitu belajar atau bekerja yang menyebabkan jalinan hubungan tersebut menyesuaikan dengan adanya perubahan yang dinamakan hubungan jarak jauh. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya dalam penelitian adalah: 1.) Bagaimana kondisi kecemasan istri yang menjalani hubungan jarak jauh dengan suaminya? 2.) Bagaimana penerapan Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi kecemasan istri yang menjalani hubungan jarak jauh dengan suaminya ? 3.) Bagaimana hasil penerapan Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi kecemasan istri yang menjalani hubungan jarak jauh dengan suami ? Peneliti ini bertujuan : 1.) Untuk mengetahui kondisi kecemasan istri yang menjalani hubungan jarak jauh dengan suaminya 2.) Untuk menerapkan Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi kecemasan istri yang menjalani hubungan jarak jauh dengan suaminya 3.) Untuk mendeskripsikan hasil penerapan Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi kecemasan istri yang menjalani hubungan jarak jauh dengan suami Penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan yang sumber datanya diambil dari data primer dan sekunder. Dalam pengumpulan data diambil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang telah di himpun, penulis menggunakan metode kualitatif Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat di simpulkan : 1.) Kondisi kecemasan yang dialami oleh responden yang menjalani hubungan jarak jauh yaitu, gelisah, takut, sering melamun dan meningkatnya emosi saat sedang menjalani hubungan jarak jauh. Karena kurangnya komunikasi juga dapat membuat hubungan jarak jauh menjadi tidak harmonis. 2.) Penerapan konseling REBT dalam mengatasi kecemasan istri yang menjalani jarak jauh yaitu dengan cara: bekerja sama dengan konseli untuk membangun hubungan yang baik, melakukan asesmen terhadap masalah responden mempersiapkan untuk memulai konseling, mengevaluasi kembali apakah ada perubahan yang terjadi pada responden. 3.) Hasil dari penerapan konseling REBT terhadap responden yaitu bisa mengurangi kecemasannya dengan mengisi waktu luang dengan beberapa aktivitas dan juga bisa mengontrol emosi yang bisa menyakiti orang lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Rational Emotive Behavior Therapy, Kecemasan, Hubungan Jarak Jauh
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Des 2022 07:58
Perubahan Terakhir: 02 Des 2022 07:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10523

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.