Konseling Realitas untuk Mengatasi Stres Wanita Single Parent (Studi kasus di Kampung Citangkil, Desa Tangkilsari, Kabupaten Pandeglang, Banten)

Dewi, Siti Nuraeni Wafiqa (2022) Konseling Realitas untuk Mengatasi Stres Wanita Single Parent (Studi kasus di Kampung Citangkil, Desa Tangkilsari, Kabupaten Pandeglang, Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520074_COVER.pdf

Download (25kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520074_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (450kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520074_BAB I.pdf

Download (211kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520074_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (389kB)
[img] Teks
S_BKI_181520074_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (140kB)
[img] Teks
S_BKI_181520074_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (445kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520074_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520074_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Menjadi wanita single parent dalam keluarga tidaklah mudah mengingat peran seorang ibu yang harus merawat anak-anaknya, mencari nafkah, dan bertanggungjawab sebagai kepala rumah tangga. Beratnya tanggung jawab sebagai wanita single parent dan kesulitan yang dihadapinya dapat membuat dirinya tertekan karena masalah-masalah yang dihadapi. Hal tersebut dapat menjadi beban psikologis bagi wanita single parent dan cenderung mengalami stres yang berakibat buruk bagi dirinya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penenlitian ini adalah: 1) Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan stres pada wanita single parent? 2) Bagaimana penerapan konseling realitas dalam mengatasi stres pada wanita single parent? 3) Bagaimana hasil dari penerapan konseling realitas dalam mengatasi stres pada wanita single parent? Metode yang digunakan adalah metode kualitatif-tindakan untuk mendapatkan informasi secara detail dan mendalam terhadap permasalahan yang dihadapi responden. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis data flow chart analysis yang terdiri dari tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Faktor yang menyebabkan stres pada wanita single parent berasal dari diri sendiri karena tidak bisa menerima kenyataan, kebutuhan ekonomi, menanggung beban sendiri, memikirkan masa depan anak, stigma negatif dari lingkungan, rasa trauma karena kejadian dimasa lalu, dan tuntutan orangtua. 2) Penerapan konseling realitas dalam mengatasi stres wanita single parent ini dengan menggunakan tahapan attending, identifikasi masalah, eksplorasi keinginan, penjajakan tindakan, evaluasi dari tindakan, perencanaan, dan tindak lanjut. 3) Hasil dari penerapan konseling realitas untuk mengatasi stres pada wanita single parent ini, kelima responden dapat menerima keadaan yang sekarang dan tidak melihat kebelakang, serta meningkatkan kemampuan penyesuaian diri dan dapat mengatasi stres dengan bertanggung jawab serta berkomitmen pada tindakan yang dipilih.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling Realitas, Stres, Wanita Single Parent
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Des 2022 07:59
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2024 07:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10522

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.