Pendekatan Client Centered dalam Menangani Tingkat Stres pada Menantu Wanita yang Tinggal Serumah dengan Ibu Mertua (Studi di Link. Ciwengker Rt/Rw 005/002 Ds. Sukawana Kec. Curug)

Sulhah, Sulhah (2022) Pendekatan Client Centered dalam Menangani Tingkat Stres pada Menantu Wanita yang Tinggal Serumah dengan Ibu Mertua (Studi di Link. Ciwengker Rt/Rw 005/002 Ds. Sukawana Kec. Curug). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520104_Cover.pdf

Download (106kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520104_Lampiran Depan.pdf

Download (547kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520104_BAB I.pdf

Download (295kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520104_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (376kB)
[img] Teks
S_BKI_181520104_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (228kB)
[img] Teks
S_BKI_181520104_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (385kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520104_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520104_Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tinggal dengan mertua memang bukan menjadi hal baru di masyarakat tidak sedikit setelah menikah pasangan baru masih tinggal dengan mertua dan dalam realitanya tidak semua menantu wanita yang tinggal serumah dengan ibu mertua itu mengalami kebahagiaan, banyak konflik yang sering terjadi antara menantu wanita dengan ibu mertua. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tingkat stres pada menantu wanita yang tinggal satu rumah dengan mertua? 2) Bagaimana penerapan pendekatan client centered dalam mengatasi stres pada menantu wanita yang tinggal serumah dengan ibu mertua? 3) Bagaimana efektivitas penerapan pendekatan client centered dalam mengatasi stres pada menantu wanita yang tinggal serumah dengan ibu mertua! Peneliti ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Untuk mengetahui tingkat stres pada menantu wanita yang tinggal satu rumah dengan mertua! 2) Untuk mengetahui penerapan pendekatan client centered dalam mengatasi stres pada menantu wanita yang tinggal serumah dengan ibu mertua! 3) Bagaimana efektivitas penerapan pendekatan client centered dalam mengatasi stres pada menantu wanita yang tinggal serumah dengan ibu mertua! Dalam penelitian ini dilakukan di Link. Ciwengker Rt/Rw 005/002 Ds. Sukawana Kec. Curug. Pada 4 responden yaitu NS, MW, SI, dan HA. Peneliti menggunakan pendekatan dengan jenis penelitian tindakan, dengan metode kualitatif. Untuk mengumpulkan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Tahap yang dilakukan pada proses penerapan pendekatan Client Centred dalam mengatasi tingkat stres pada menantu wanita yang tinggal serumah dengan ibu mertua yaitu: Attending, mengidentifikasi masalah, Eksplorasi perasaan, Eksplorasi ide, penguatan, dan, evaluasi. Setelah peneliti melakukan Pendekatan Client Centered dalam mengatasi tingkat stres pada menantu wanita yang tinggal serumah dengan ibu mertua. Responden sudah merasa lebih tenang, pikiran dan perasaannya jauh lebih baik, sudah tidak terlalu menyalahkan diri sendiri, dan bisa menerima kenyataan dalam permasalahan dengan ikhlas dan pasrah pada Allah SWT. Responden juga setelah di lakukan Pendekatan Client Centered responden bisa menerima dengan kondisinya yang sekarang, lebih sabar, lebih tenang, dan bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Menantu, Mertua, Pendekatan, Client Centered
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Des 2022 08:07
Perubahan Terakhir: 23 Apr 2024 07:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10516

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.