Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan dalam Meningkatkan Kualitas Ibadah para Dewasa Madya di Majelis Taklim Nurul Huda (Studi di Desa Situterate, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang Banten)

Andini, Andini (2022) Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan dalam Meningkatkan Kualitas Ibadah para Dewasa Madya di Majelis Taklim Nurul Huda (Studi di Desa Situterate, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520125_Cover.pdf

Download (57kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520125_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520125_BAB I.pdf

Download (217kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520125_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (386kB)
[img] Teks
S_BKI_181520125_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (193kB)
[img] Teks
S_BKI_181520125_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (352kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520125_BAB V.pdf

Download (65kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Bimbingan Keagamaan merupakan suatu proses mengulurkan tangan kepada individu guna untuk mengatasi masalah yang tengah dihadapinya, memaksimalkan potensi yang dianugrahkan Allah SWT sehingga diperoleh kebahagiaan lahir dan batin. Melalui bimbingan keagamaan tersebut diharapkan dapat membantu para dewasa madya dalam meningkatkan kualitas ibadahnya untuk bekal di kehidupan selanjutnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kualitas ibadah para dewasa madya di majelis taklim Nurul Huda? 2) Apa saja perubahan yang dirasakan setelah diadakannya bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kualitas ibadah para dewasa madya di majelis taklim Nurul Huda? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kualitas ibadah para dewasa madya di majelis taklim Nurul Huda. 2) Untuk mengetahui perubahan apa saja yang dirasakan para dewasa madya setelah diadakannya bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kualitas ibadah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: Pelaksanaan kegiatan bimbingan keagamaan berlangsung di Majelis Taklim Nurul Huda yang diselenggarakan berdasarkan rencana pelaksanaan layanan (RPL). Adapun metode yang digunakan yaitu diskusi kelompok, ceramah, dan tanya jawab. Setelah itu baru melakukan diskusi kelompok mengenai alasan mereka mengalami penurunan ibadahnya. Hasil penelitian pada 13 jamaah dewasa madya dan dilakukan dua kali pertemuan membuktikan perkembangan para jamaah dewasa madya sebelum dan sesudah melakukan bimbingan keagamaan untuk meningkatkan kualitas ibadah pada dirinya sudah mulai diterapkan dalam kehidupan sebagai jamaah di Majelis Taklim Nurul Huda, walaupun masih tahap proses dan para jamaah sedikit demi sedikit mulai bangkit dari penurunan ibadahnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.22 Masyarakat da’wah
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Des 2022 08:10
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 06:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10514

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.