Bimbingan Konseling Islam dengan Teknik Self-Management untuk Mengatasi Stres pada Wanita Dewasa yang Belum Menikah (Studi di Kelurahan Pipitan Kecamatan Walantaka Kota Serang Provinsi Banten)

Nafisah, Firda (2022) Bimbingan Konseling Islam dengan Teknik Self-Management untuk Mengatasi Stres pada Wanita Dewasa yang Belum Menikah (Studi di Kelurahan Pipitan Kecamatan Walantaka Kota Serang Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520132_Cover.pdf

Download (220kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520132_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (927kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520132_BAB I.pdf

Download (733kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520132_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (965kB)
[img] Teks
S_BKI_181520132_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (576kB)
[img] Teks
S_BKI_181520132_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (893kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520132_BAB V.pdf

Download (193kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520132_Daftar Pustaka.pdf

Download (609kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori bimbingan konseling islam adalah proses konseling yang dilakukan oleh seseorang yang mengetahui ilmu konseling untuk membantu menyelesaikan permasalahan konseli dengan berlandaskan al-qur’an dan hadits, dibantu dengan pendekatan atau teknik yang terkait dengan permasalahan konseli. Wanita di usia dewasa namun belum menikah menimbulkan beberapa masalah baik dalam diri maupun lingkungannya. Hal ini menjadi penyebab terjadinya stres dan perubahan perilaku yang negatif bagi individu. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana kondisi stres wanita dewasa yang belum menikah? 2) bagaimana penerapan bimbingan konseling islam dengan teknik self-management dalam mengatasi stres pada wanita dewasa yang belum menikah?, 3) bagaimana hasil penerapan bimbingan konseling islam dengan teknik self-management dalam mengatasi stres wanita dewasa yang belum menikah? Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui kondisi wanita dewasa yang belum menikah. 2) untuk menerapkan bimbingan konseling islam dengan teknik self-management dalam mengatasi stres pada wanita dewasa yang belum menikah. 3) untuk mengetahui hasil penerapan teknik self-management dalam mengatasi stres pada wanita dewasa yang belum menikah dengan inisial DH, LD, dan AZ Metode yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan mengenai penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bula Mei 2022 dengan responden sebanyak 3 orang wanita dewasa yang belum pernah menikah di Kelurahan Pipitan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan: 1) kondisi stres wanita dewasa yang belum menikah sebagai responden meliputi kondisi fisik, psikis, dan perilaku yang mengakibatkan kehidupan sosial nya terganggu. 2) penerapan bimbingan konseling islam dengan teknik self-management pada wanita dewasa belum menikah yang mengalami stres ini melaksanakan lima kali pertemuan konseling dengan tahapan-tahapan teknik self-management. 3) hasil bimbingan konseling islam dengan teknik self-management pada wanita dewasa yang belum menikah dan mengalami stres dilihat dari kegiatan sehari-harinya yang dilakukan di kediaman dan di tempat kerjanya mulai berjalan dengan baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bimbingan Konseling Islam, Self-Management, Stres, Wanita Dewasa
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 30 Nov 2022 04:43
Perubahan Terakhir: 30 Nov 2022 04:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10509

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.