Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kemampuan dalam Perencanaan Karir pada Mahasiswa) (Studi pada Anggota Organisasi GAMSUT, Kec. Pontang, Kab. Serang)

Ilahiyah, Ila Nur (2022) Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kemampuan dalam Perencanaan Karir pada Mahasiswa) (Studi pada Anggota Organisasi GAMSUT, Kec. Pontang, Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520174_COVER.pdf

Download (116kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520174_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (487kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520174_BAB I.pdf

Download (251kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520174_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (315kB)
[img] Teks
S_BKI_181520174_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (252kB)
[img] Teks
S_BKI_181520174_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (762kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520174_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520174_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Banyak mahasiswa yang merasa bingung ketika lulus kuliah karena tidak memiliki perencanaan karir yang matang sehingga tidak siap untuk terjun dalam dunia kerja, berdasarkan data badan pusat statistika (BPS) perbulan Agustus 2019 jumlah pengangguran mahasiwa 5,67% dari total angkatan kerja 13 juta orang. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui perencanaan karir mahasiswa tergabung dalam organisasi Gerakan Mahasiswa Serang Utara GAMSUT. 2) Untuk Mengetahui pelaksanaan bimbingan karir pada mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Gerakan Mahasiswa Serang Utara (GAMSUT). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed method -PAR (Participatory Action Research), Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan analisa data, penelitian ini dilakukan pada Desember 2021 hingga September 2022 di kecamatan Pontang, kab. Serang, dengan jumlah responden 24 mahasiswa yang diberikan layanan informasi dan 3 orang mahasiswa yang diberikan layanan penguasaan konten. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perencanaan karir mahasiswa GAMSUT pada tahap perencanaan karir dengan indicator asess yourself mahasiswa memiliki nilai rata-rata penilaian diri yang “cukup” dengan nilai rata-rata 3,31, pada indikator explorer career mahasiswa memiliki nilai rata-rata 3 dengan kategori “cukup, pada indikator creat a plan and set goals mahasiswa memiliki nilai rata-rata 3,1 dengan kategori “cukup”, sedangkan pada indikator expand skill mahasiswa memiliki nilai rata-rata 3 dengan kategori “cukup” dan pada indikator find a job mahasiswa memiliki nilai rata-rata 2,9 dengan kategori “cukup”. Pelaksanaan bimbingan karir yang dilakukan pada mahasiswa GAMSUT menggunakan 2 jenis layanan yaitu layanan informasi tentang karir dan layanan penguasaan konten. Layanan informasi diberikan kepada 24 mahasiswa anggota GAMSUT. Layanan penguasaan konten diberikan kepada 3 mahasiswa, diantaranya EW yang ingin memiliki karir yang sesuai dengan kemampuan dan keinginannya di bidang video editing, sehingga peneliti memberikan layanan terkait membuat video untuk konten di tiktok. SIL yang memiliki kemampuan design dan membuat buket dan ingin memiliki usaha buket sehingga peneliti memberikan layanan untuk membantu SIL mengembangkan usahanya tersebut. S yang ingin memiliki usaha dalam bidang desain sehingga peneliti memberikan layanan penguasaan konten tentang desain hingga marketing.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bimbingan Karir, Mahasiswa, Perencanaan Karir
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 361 Sosial & masalah kesejahteraan sosial pada umumnya
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 30 Nov 2022 03:52
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 07:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10506

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.