Teknik Self Management dalam Mengurangi Shopaholic di Online Shop pada Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Latifah, Khusnul (2022) Teknik Self Management dalam Mengurangi Shopaholic di Online Shop pada Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520194_Cover.pdf

Download (22kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520194_Lampiran Depan.pdf

Download (751kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520194_BAB I.pdf

Download (436kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520194_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (981kB)
[img] Teks
S_BKI_181520194_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (417kB)
[img] Teks
S_BKI_181520194_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (778kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520194_BAB V.pdf

Download (113kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520194_Daftar Pustaka.pdf

Download (331kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Shopaholic berasal dari kata shop yang berarti belanja dan aholic ialah salah suatu ketergantungan yang disadari maupun tidak disadari. Shopaholic di Online Shop terjadi karena faktor mengikuti tren, iklan, gaya hidup mewah, dan pengaruh lingkungan. Salah satu dampak Shopaholic di Online Shop yaitu perilaku konsumtif, boros, dan kecanduan. Secara umum, kecanduan belanja terjadi pada anak usia remaja hingga dewasa. Para pengguna sosial media ataupun aplikasi belanja online untuk dijadikanya tempat belanja. Individu bisa menghabiskan waktunya untuk melihat-lihat produk baru yang dikeluarkan tanpa menginat kegiatan yang lain. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Mengetahui perilaku Shopaholic di Online Shop di UIN SMH Banten. 2). Memahami proses teknik Self Management dalam mengurangi Shopaholic di Online Shop pada seorang mahasiswi UIN SMH Banten. 3). Mengetahui hasil dari teknik Self Management dalam mengurangi Shopaholic di Online Shop pada seorang mahasiwi UIN SMH Banten. Metode menggunakan kualitatif deskriptif, dengan menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1). Perilaku Konsumtif. 2). Boros. 3). Kecanduan. Langkah-langkah yang peneliti gunakan dalam layanan konseling individual dengan menggunakan teknik Self Management ada empat sebagai berikut: 1). Self managemant meliputi pemantauan diri (self monitoring). 2). Reinforcement yang posistif (self reward). 3). Kontrak atau perjanjian dengan diri sendiri (self monitoring). 4). Penguasaan terhadap rangsangan (stimulus control). Hasil dari penerapan teknik self managment dalam mengurangi Shopaholic di Online Shop pada mahasiswi UIN SMH Banten. 1). Setiap responden berbeda. Penyebabnya iklan, promo, tren kekinian, gaya hidup mewah. 2). Proses penerapan teknik Self Management dalam mengatasi Shopaholic di Online Shop pada (dewasa awal) mahasiswi di UIN SMH Banten. Dilakukan dalam empat tahap. 3). ke 5 responden sudah bisa mengurangi belanja terutama dalam mempertimbangkan barang apa yang di perlukan dan mana yang tidak. Hasil penelitian dari kelima responden yang sudah peneliti wawancarai, kelima responden tersebut mengalami masalah yang sama dengan dampak dan faktor yang berbeda, walau ada beberapa yang benar-benar hampir sama. Hal ini menunjukkan hasil yang cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan pada responden BS, CH, IF dan AH setelah mengikuti proses konseling. Walaupun NS masih kesulitan dalam adaptasi terhadap kebiasaan yang perlu diubah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Self Management, Shopaholic, Online Shop
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 30 Nov 2022 03:54
Perubahan Terakhir: 30 Nov 2022 03:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10505

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.