Mahmud, Amir (2022) Analisis Deskriptif Pelayanan Klaim Peserta Asuransi Syariah pada PT Sun Life Financial Syariah Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_AS_171430095_COVER.pdf Download (24kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_AS_171430095_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (315kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_AS_171430095_BAB I.pdf Download (203kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_AS_171430095_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (475kB) |
||
Teks
S_AS_171430095_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (235kB) |
||
Teks
S_AS_171430095_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (303kB) |
||
|
Teks
S_AS_171430095_BAB V.pdf Download (12kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_AS_171430095_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tertanggung asuransi dari tahun ke tahun terus meningkat, sehingga memiliki dampak kenaikan pada sengketa klaim asuransi. Sengketa klaim asuransi terjadi karena perselisihan antara tertanggung dan penanggung mengenai pelaksanaan perjanjian dalam polis. Masalah yang muncul adalah sulitnya melakukan klaim polis dikarenakan tertanggung terlambat pembayaran polis (lapse). Surat pengajuan asuransi diisi sendiri oleh agen asuransi dan tertanggung dianggap tidak beriktikad baik dalam pengisian surat pengajuan asuransi dengan tidak memberikan informasi yang benar. Pelayan klaim merupakan suatu proses pemenuhan atau permintaan peserta pada lembaga asuransi, yang meminta haknya berupa pertanggungan atas kerugian berdasarkan perjanjian atau akad yang telah dibuat pada perjanjian awal. Di mana pihak lembaga asuransi harus melayani memenuhi kebutuhan para peserta berupa penyelesaian pembayaran premi sesuai dengan standar proses pelayanan yang baik. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pelayanan klaim peserta pada PT. Sun Life Financial Syariah Tangerang? 2). Kendala atau penghambat dalam pelayanan klaim di PT. Sun Life Financial Syariah Tangerang? Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui pelayanan klaim peserta pada PT. Sun Life Financial Syariah Tangerang. 2). Untuk mengetahui kendala atau penghambat dalam pelayanan klaim di PT. Sun Life Financial Syariah Tangerang. Lokasi penelitian dilakukan di PT. Sun Life Financial Syariah Tangerang. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan jenis data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu melakukan observasi, studi kepustakaan, dokumentasi dan wawancara dengan kepala kantor, staf pelayanan klaim dan bagian marketing atau agen PT. Sun Life Financial Syariah Tangerang. Dalam proses menganalisis dan menginterpretasikan data-data yang telah terkumpul, kemudian data tersebut dikelompokan melalui kata-kata atau kalimat dengan kerangka berpikir teoritik untuk memperoleh kesimpulan atau jawaban dari permasalahan yang telah dirumuskan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa: Prosedur pengajuan klaim asuransi pada PT. Sun Life Financial Syariah Tangerang cukup sederhana. Dalam proses pengajuan klaim peserta harus mengisi formulir klaim dan dilengkapi dengan persyaratan atau dokumen pendukung. Bagian pelayaan klaim akan memproses pengajuan yang diajukan selama 15 (lima belas) hari kerja. Kendala atau penghambat dalam proses pelayanan klaim disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah SDM agen tidak professional, klaim peserta yang ditolak dan waktu pelayanan yang lama.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pelayanan, Klaim, Asuransi |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 02 Des 2022 08:42 |
Perubahan Terakhir: | 02 Des 2022 08:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10469 |
Actions (login required)
Lihat Item |