Analisis Implementasi Prosedur Monitoring Pembiayaan dalam Meminimalisir Pembiayaan Bermasalah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Serang A. Yani 1)

Rosita, Rosita (2022) Analisis Implementasi Prosedur Monitoring Pembiayaan dalam Meminimalisir Pembiayaan Bermasalah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Serang A. Yani 1). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420060_COVER.pdf

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420060_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (965kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420060_BAB I.pdf

Download (498kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PBS_181420060_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (474kB)
[img] Teks
S_PBS_181420060_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (204kB)
[img] Teks
S_PBS_181420060_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (498kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420060_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBS_181420060_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dalam menjalankan kegiatan penyaluran pembiayaan, bank syariah tidak terlepas dari adanya risiko. Risiko yang rentan terjadi ketika pembiayaan telah direalisasikan yakni pembiayaan bermasalah. Pembiayaan merupakan sumber pendapatan sekaligus kerugian terbesar yang dihadapi bank mengacu pada risiko tersebut sebagai akibat dari ketidakmampuan nasabah dalam mengembalikan pembiayaan dalam jangka waktu tertentu. Sebagai upaya dalam meminimalisir terjadinya pembiayaan bermasalah, maka pihak bank perlu melakukan implementasi prosedur pengawasan atau monitoring kepada nasabah yang hendak diberikan pembiayaan. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana Implementasi Standard Operating Procedure (SOP) pembiayaan pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP. Serang A. Yani 1? 2) Bagaimana Implementasi Monitoring pembiayaan di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Serang A. Yani 1? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui Implementasi Standard Operating Procedure (SOP) pembiayaan pada Bank Syariah Indonesia KCP. Serang A. Yani 1. 2) Untuk mengetahui implementasi monitoring pembiayaan dalam meminimalisir pembiayaan bermasalah pada Bank Syariah Indonesia KCP. Serang A. Yani 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian dengan pendekatan kualitatif adalah penelitian yang memahami fenomena-fenomena yang terjadi oleh subjek penelitian, baik itu secara holistic maupun secara deskripsi dalam bentuk susunan kata-kata juga bahasa, di suatu kondisi yang khusus alamiah dengan memanfaatkan jenis metode alamiah beragam. Penelitian ini bersifat deskriptif. Adapun teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan (conclusion). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pelaksanaan Monitoring pembiayaan yang dilakukan Bank Syariah Indonesia KCP Serang A. Yani 1 dalam meminimalisir pembiayaan bermasalah dilakukan setelah pembiayaan disetujui. Monitoring ini dilakukan menggunakan sistem T24. Dengan sistem tersebut dapat diketahui nasabah mana yang sudah membayar dan belum membayar kewajibannya. Jika terdapat nasabah yang belum membayar dan telah melewati tempo yang sudah ditentukan, maka bank wajib mengingatkan nasabah melalui telepon, jika setelah beberapa bulan kemudian tetap belum membayar, maka bank wajib melakukan kunjungan ke tempat nasabah untuk mengingatkan secara langsung dan menanyakan alasan atas keterlambatan dalam membayar kewajibannya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembiayaan, Prosedur Pembiayaan, Monitoring Pembiayaan
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 24 Nov 2022 04:33
Perubahan Terakhir: 24 Nov 2022 04:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10447

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.