Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Pembelian Voucher Diskon pada Praktek Jual Beli di Aplikasi Shopee

Putri, Rindiani (2022) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Pembelian Voucher Diskon pada Praktek Jual Beli di Aplikasi Shopee. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130014_Cover.pdf

Download (19kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130014_Lampiran Depan.pdf

Download (880kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130014_BAB I.pdf

Download (636kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_181130014_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (763kB)
[img] Teks
S_HES_181130014_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (639kB)
[img] Teks
S_HES_181130014_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130014_BAB V.pdf

Download (291kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130014_Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kemudahan dalam transaksi jual beli online membuat kemungkinan adanya risiko yang dapat merugikan konsumen semakin besar. Pada transaksi jual beli online kendala yang sering dihadapi yaitu ketidaksesuian produk yang diterima dan kurangnya respon yang diberikan oleh pihak shopee membuat banyak pelanggan yang merasa kecewa dan dirugikan. Berdasarkan latar belakang dan juga fokus peneliatan yang sudah di uraikan di atas, maka penulis mengidentifiksi beberapa rumusan masalah yang ada, diantaranya sebagai berikut: 1. Bagaimana Praktek Pembelian Paket Voucher Diskon Di Aplikasi Shopee? 2. Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Pembelian Paket Voucher Diskon Di Aplikasi Shopee? Berdasarkan rumusan masalah yang telah diuraikan diatas, maka tujuan penelitiannya sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui Praktek Pembelian Paket Voucher Diskon Di Aplikasi Shopee. 2. Untuk mengetahui Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Pembelian Paket Voucher Diskon Di Aplikasi Shopee. Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan empiris. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara kepada pengguna shopee, observasi penulis dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir induktif, yaitu teknik analisa dengan cara memaparkan data apa adanya. Dari analisis ini dapat disimpukan bahwa, Saat terjadi masalah karena voucher yang sudah dibeli tidak bisa digunakan atau rusak pihak shopee kurang responsive dalam menanggapi keluhan tersebut. Padahal dalam Undang-Undang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 17 ayat 2 menyebutkan bahwa para pihak yang transaksi haruslah memiliki iktikad baik dalam memberikan informasi saat transaksi berlangsung. Pihak shopee kurang menanggapi akan masalah tersebut sehingga dapat merugikan salah satu pihak. Dalam melakukan transaksi bermuamalah haruslah mendapatkan keuntungan bagi seluruh pihak yang terlibat sehingga tidak adanya salah satu pihak yang merugi dan hanya satu pihak yang mendapat keuntungan jika terjadi seperti itu maka akad jual beli tersebut tidak sesuai syariat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Jual Beli, Jual Beli Online, Shopee
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 17 Nov 2022 03:17
Perubahan Terakhir: 17 Nov 2022 03:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10412

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.