Pemahaman Santri terhadap Surah Al-Insyirah dalam Hizib Ibnu Hajar (Studi Living Qur’ān di Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang, Kota Serang)

Hasanah, Iik (2022) Pemahaman Santri terhadap Surah Al-Insyirah dalam Hizib Ibnu Hajar (Studi Living Qur’ān di Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang, Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320003_COVER.pdf

Download (274kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320003_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320003_BAB I.pdf

Download (395kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_IAT_181320003_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (325kB)
[img] Teks
S_IAT_181320003_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (530kB)
[img] Teks
S_IAT_181320003_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (701kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320003_BAB V.pdf

Download (210kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_181320003_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Skripsi ini berusaha melihat dan menganalisis fenomena adanya orang atau kelompok tertentu yang menghidupkan ayat-ayat Al-Qur‟ān melalui sebuah kegiatan atau tradisi di masyarakat, lebih khususnya penulis dalam skripsi ini meneliti tentang Living Qu’ān dalam sebuah pengamalan Ḥizib. Atas dasar itu maka penelitian ini ingin fokus pada; 1. Apa itu Ḥizib Ibnu Ḥajar? 2. Bagaimana implementasi Ḥizib Ibnu Ḥajar di Pondok Pesantren Daarul Falah? 3. Bagaimana pemahaman santri terhadap surah Al-Insyirāḥ dalam Ḥizib Ibnu Ḥajar? Penelitian ini dilakukan untuk: 1. Mengetahui apa itu Ḥizib Ibnu Ḥajar. 2. Mengetahui implementasi Ḥizib Ibnu Ḥajar di Pondok Pesantren Daarul Falah. 3. Untuk mengetahui pemahaman santri terhadap surah Al-Insyirāḥ dalam Ḥizib Ibnu Ḥajar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan (field reserch) yang menggunakan penulisan deskriptif. Yaitu studi kasus di Pondok Pesantren Daarul Falah dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis melalui wawancara dengan santri Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang, sebanyak 50% dari santri telah mengetahui maupun menerima ijāzah Ḥizib Ibnu Ḥajar dan 50% lainnya masih belum mengetahui, dikarenakan masih menjadi santri baru di Pondok Pesantren Daarul Falah dan sebagian lain yang belum mengetahuinya adalah santri yang masih duduk di bangku sekolah, karena ijāzah Ḥizib Ibnu Ḥajar ini memang diberikan kepada santri yang telah duduk dibangku kuliah saja. Namun perihal surah AL-INSYIRĀḤ, sebagian besar yakni 70% santri telah mengetahuinya mulai dari keistimewaan dan pengaruhnya dalam kehidupan, mereka juga telah mengetahui bahwa surah ini sangat berpengaruh besar terhadap santri karena memiliki keistimewaan dalam kaitannya untuk mempermudah mempelajari ilmu, karena dirasa mampu melapangkan hati, sebagai perlindungan bagi diri, mempermudah segala urusan, menghilangkan kesusahan dan melancarkan rezeki. Dan sebagian besar santri juga telah memahami bahwa selain berikhtiar, mereka perlu melaksanakan amalan-amalan tertentu sebagai wujud kelemahan seorang hamba dan diharapkan mampu menjadi waṣilah tercapainya sebuah hajat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemahaman, Santri, Surah Al-Insyirāḥ
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.4 Kumpulan ayat-ayat dan surat-surat tertentu
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2022 01:43
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2022 01:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10347

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.