Pemahaman Pedagang terhadap Hadis Etika Persaingan Berdagang (Studi Living Hadis di Pasar Kramatwatu Serang)

Nurasikin, Agus (2022) Pemahaman Pedagang terhadap Hadis Etika Persaingan Berdagang (Studi Living Hadis di Pasar Kramatwatu Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_181370064_COVER.pdf

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_181370064_LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (946kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_181370064_BAB I.pdf

Download (435kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_IH_181370064_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (712kB)
[img] Teks
S_IH_181370064_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (487kB)
[img] Teks
S_IH_181370064_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (501kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_181370064_BAB V.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IH_181370064_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Berdagang merupakan bagian kegiatan ekonomi yang mempunyai peranan yang sangat vital untuk memenuhi kebutuhan manusia. Berdagang adalah suatu bentuk kerja keras untuk mendapatkan keuntungan dalam jual beli. Keberlangsungan kegiatan berdagang tidak terlepas daripada pasar, hal tersebut untuk memudahkan pedagang dan pembeli saling bertemu dan menjalin hubungan transaksi jual beli. Disamping itu, pasar juga menjadi tempat ajang melakukan persaingan untuk mewujudkan keinginan pelaku persaingan berdagang. Persaingan yang dilakukan oleh para pedagang dipasar krmatwatu merupakan hal yang sangat sering terjadi. Meski seperti itu, pelaku persaingan berdagang dipasar kramatwatu harus tau dan memhami hadis etika persaingan berdagang, agar pedagang mengetahui batasan-batasan dalam melakukan persaingan berdagang. Sebagai pedagang muslim harus berlandaskan Al-Qur‟an dan Hadis, serta mencari keridoaan dan keberkahan dari hasil berdagang. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Bagaimana Persaingan Perdagangan Dalam Kaca Mata Hadis ?”. “Bagaimana Praktik Persaingan Perdagangan Di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang ?”. “Bagaimana pemahaman pedagang Kramatwatu dalam memahami hadis-hadis etika persaingan dalam berdagang ?.” Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pandangan hadis terhadap persingan perdagangan. Untuk mrngetahui praktik persaingan berdagang di kecamatan kramtwatu. Untuk mengetahui pemahaman-pemahaman pedagang kramatwatu dalam melakukan persaingan berdagang dalam konteks hadis. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian living hadis sehingga diperlukan bagi peneliti ke lapangan (field research) yakni penelusuran langsung ke lapangan, objek penelitian untuk menggali informasi terkait dengan pemahaman pedagang terhadap hadis etika persaingan dalam berdagang. Adapun metode yang digunakan yakni metode desktriktif kualitatif, dengan pendekatan sosiologi pengetahuan. Metode ini dirasa tepat untuk mendapatkan data dilapangan secara kualitatif. Hasil dari pada penelitian ini, pemahaman para pedagang dipasar kramatwatu masih banyak sekali yang belum paham dengan hadis etika persaingan berdagang, disisi lain ada beberapa pedagang yang paham terhadap etika persaingan berdagang. Hal tersebut dikarnakan kurangnya pengetahuan dalam memahami hadis etika persangan berdagang. Namun para pedagang dipasar kramatwatu melakukan persaingan berdagang sesuai dengan hadis etika persaingan berdagang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pedagang, Hadis Etika Persaingan, Living Hadis
Subjek: 2x2 Hadist dan ilmu yang terkait > 2x2.3 Kumpulan Hadist menurut bidang tertentu. > 2x2.34 Hadist mengenai syari’at, termasuk hadist hukum
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Hadits
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2022 02:48
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2022 02:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10335

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.