Pengembangan Media Mind Mapping Berbasis Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran SKI Kelas IX untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar di MTs Al-Khairiyah Pipitan

Harismaya, Derry (2022) Pengembangan Media Mind Mapping Berbasis Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran SKI Kelas IX untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar di MTs Al-Khairiyah Pipitan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210062_Cover.pdf

Download (118kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210062_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210062_BAB I.pdf

Download (186kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210062_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (519kB)
[img] Teks
S_PAI_181210062_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (409kB)
[img] Teks
S_PAI_181210062_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210062_BAB V.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210062_Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui prosedur media pembelajaran mind mapping berbasis aplikasi canva yang telah dikembangkan pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas IX di MTs Al-Khairiyah Pipitan, 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran mind mapping berbasis aplikasi canva yang telah dikembangkan pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas IX di MTs Al-Khairiyah Pipitan, 3) Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran mind mapping berbasis aplikasi yang telah dikembangkan pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas IX di MTs Al-Khairiyah Pipitan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (RnD) Research and Development dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang telah di modifikasi oleh Sugiyono. Penelitian menggunakan tujuh tahapan sebagai berikut: 1) identifikasi masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, menggunakan angket dan tes. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, siswa kelas IX MTs Al-Khairiyah Pipitan, ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif beserta analisis data validator dan analisis data terhadap respon siswa. Dari penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media mind mapping berbasis aplikasi canva yang sangat efektif digunakan berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, dan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, memperoleh presentase 90%, 95%, 97%, jika dirata-ratakan termasuk dalam kriteria “valid” atau layak untuk diuji cobakan. Dan efektivitas belajar siswa di kelas IX MTs Al-Khairiyah Secara keseluruhan, nilai gain yang diperoleh adalah 0,84. Maka implementasi media pembelajaran mind mapping berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IX di MTs Al-Khairiyah Pipitan mampu meningkatkan efektivitas belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Mind Mapping, Aplikasi Canva, Sejarah Kebudayaan Islam, Efektivitas Belajar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2022 04:21
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2022 04:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10255

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.