Harismaya, Derry (2022) Pengembangan Media Mind Mapping Berbasis Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran SKI Kelas IX untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar di MTs Al-Khairiyah Pipitan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210062_Cover.pdf Download (118kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210062_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210062_BAB I.pdf Download (186kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210062_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (519kB) |
||
Teks
S_PAI_181210062_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (409kB) |
||
Teks
S_PAI_181210062_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (2MB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210062_BAB V.pdf Download (159kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210062_Daftar Pustaka.pdf Download (225kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui prosedur media pembelajaran mind mapping berbasis aplikasi canva yang telah dikembangkan pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas IX di MTs Al-Khairiyah Pipitan, 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran mind mapping berbasis aplikasi canva yang telah dikembangkan pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas IX di MTs Al-Khairiyah Pipitan, 3) Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran mind mapping berbasis aplikasi yang telah dikembangkan pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas IX di MTs Al-Khairiyah Pipitan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (RnD) Research and Development dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang telah di modifikasi oleh Sugiyono. Penelitian menggunakan tujuh tahapan sebagai berikut: 1) identifikasi masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, menggunakan angket dan tes. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, siswa kelas IX MTs Al-Khairiyah Pipitan, ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif beserta analisis data validator dan analisis data terhadap respon siswa. Dari penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media mind mapping berbasis aplikasi canva yang sangat efektif digunakan berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, dan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, memperoleh presentase 90%, 95%, 97%, jika dirata-ratakan termasuk dalam kriteria “valid” atau layak untuk diuji cobakan. Dan efektivitas belajar siswa di kelas IX MTs Al-Khairiyah Secara keseluruhan, nilai gain yang diperoleh adalah 0,84. Maka implementasi media pembelajaran mind mapping berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IX di MTs Al-Khairiyah Pipitan mampu meningkatkan efektivitas belajar siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Mind Mapping, Aplikasi Canva, Sejarah Kebudayaan Islam, Efektivitas Belajar |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 14 Nov 2022 04:21 |
Perubahan Terakhir: | 14 Nov 2022 04:21 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10255 |
Actions (login required)
Lihat Item |