Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di Kelas VII SMPN 1 Ciruas Kab.Serang)

Samijah, Samijah (2022) Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di Kelas VII SMPN 1 Ciruas Kab.Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_142101850_Cover.pdf

Download (60kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_142101850_Lampiran Depan.pdf

Download (633kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_142101850_BAB I.pdf

Download (299kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_142101850_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (373kB)
[img] Teks
S_PAI_142101850_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (437kB)
[img] Teks
S_PAI_142101850_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (857kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_142101850_BAB V.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_142101850_Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Skripsi yang membahas tentang pengaruh penerapan metode Talking Stick terhadap motivasi belajar ini dilatar belakangi oleh keresahan penulis mengenai kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam, di mana pelajaran pendidikan agama islam adalah pelajaran yang sangat mendasar bagi kalangan muslim yang harus dipahami, menurut hemat penulis hal ini terjadi dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan pendidik belum tepat, oleh karenanya penulis mencoba meneliti tentang Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini ialah bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran Talking Stick terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ciruas Kab. Serang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Talking Stick terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 Ciruas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design, desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. dengan populasi target seluruh kelas VII SMPN 1 Ciruas Kab. Serang dan sampel yang digunakan ialah kelas VII A dan kelas VII B. Metode pembelajaran Talking Stick berpengaruh besar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini dapat dibuktikan dengan besarnya perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dalam hal ini adalah kelas VII A dengan kelas kontrol yakni kelas VII B setelah perlakuan, dengan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen 68,76 sedangkan kelas kontrol 58,75, dan setelah dilakukan pengujian hipotesis menghasilkan data thitung > ttabel atau 1,93 > 1,706. Kesimpulannya karena thitung berada di daerah penerimaan Ha maka Ha dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran Talking Stick terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Pembelajaran Talking Stick, Motivasi Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2022 04:35
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2022 04:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10253

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.