Upaya Orang Tua dalam Melatih Kemandirian Toilet Training bagi Anak Berusia 4-5 Tahun di Komplek RSS Pemda Kota Serang

Yustika, Ika (2022) Upaya Orang Tua dalam Melatih Kemandirian Toilet Training bagi Anak Berusia 4-5 Tahun di Komplek RSS Pemda Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260016_Cover.pdf

Download (60kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260016_Lampiran Depan.pdf

Download (627kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260016_BAB I.pdf

Download (179kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_171260016_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (402kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260016_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (274kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260016_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (220kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260016_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260016_Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha orang tua dalam melatih kemandirian toilet training bagi anak usia 4-5 tahun seperti memberikan contoh dan pembiasaan, memberikan nasehat, memberikan kasih sayang, dan bertanggung jawab. Dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat orang tua dalam melatih kemandirian toilet training. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan alat pengumpulan data yaitu survey, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian ialah anak berusia 4-5 tahun dan orang tua. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan toilet training sangat dibutuhkan oleh orang tua untuk melatih kemandirian pada anak berusia 4-5 tahun di Komplek RSS Pemda RT 05 RW 13 ini dalam pembiasaan, bimbingan dan pengarahan orang tua kepadan anaknya. Hal ini dapat dilihat dari 6 aspek perkembangan anak usia dini di antaranya yaitu : nilai agama dan moral, kognitif, fisik motorik, bahasa, sosial emosional, dan seni), tetapi dari 6 aspek perkembangan anak usia dini ini yang termasuk kedalam aspek kemandirian ialah aspek kognitif karena anak belajar memecahkan masalah sederhana terutama dalam kehidupaan sehari-hari dan aspek sosial-emosial karena anak mempunya rasa kesadaran diri terutama pada toilet training dan tanggung jawab dalam segala hal yang telah dilakukannya seperti menyimpan celana kotor pada tempatnya. kemandirian anak pada toilet training yang dilakukan secara terus menurus dan diulang-ulang secara bertahap maka akan berdampak positif untuk anak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Orangtua, Melatih Kemandirian, Anak Usia Dini, Toilet Training
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2022 02:27
Perubahan Terakhir: 15 Nov 2022 02:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10233

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.